Jumat, 15 Juli 2022

Jumat, Juli 15, 2022
Sosok Sukarna, pelaku UMKM Bubur Ayam Pak Nana.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Sebagai perwujudan pola hidup sehat di lingkungan kerja.

PT Pelabuhan lndonesia (Persero) Regional 2 Cirebon atau Pelindo Cirebon rutin mengadakan kegiatan senam bersama untuk para karyawan dan karyawati di lingkungan Pelindo Group area Cirebon setiap Jumat pagi waktu setempat.

Kegiatan senam bersama tersebut tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pola hidup sehat yang digadang-gadangkan oleh Pemerintah, melainkan juga sebagai sarana pengembangan UMKM di sekitar Kota Cirebon.

Melalui program senam bersama, Pelindo menggandeng beragam UMKM bidang kuliner untuk menyediakan konsumsi bagi para peserta senam bersama.

Dalam kegiatan pada Minggu ini, Jumat (15/7). Pelindo berkesempatan menggandeng UMKM Bubur Ayam Pak Nana.

Bubur Ayam Pak Nana setiap harinya berjualan di Jalan Pagongan, Kota Cirebon. Sukarna yang akrab dipanggil Pak Nana adalah pemilik usaha dimaksud.

"Saya asli orang Cirebon," tuturnya.

Sehari-hari Bubur Ayam Pak Nana beroperasi sejak jam 6 pagi hingga jam 12 siang.

Setiap harinya, Pak Nana bisa menghabiskan 2 sampai 3 kilogram bubur dan mencapai omset hingga 400 ribu rupiah per harinya dengan jam operasional normal.

Usaha Bubur Ayam ini telah dirintis Pak Nana sejak Tahun 2015 yang lalu.

Sedangkan, dengan digandengnya Bubur Ayam Pak Nana menjadi mitra UMKM kuliner di acara senam Pelindo Cirebon, Pak Nana mengaku bisa mendapatkan omset lebih dengan jam operasional lebih singkat.

"Kegiatan ini tentu menambah pendapatan saya, karena dengan waktu berdagang yang lebih singkat, saya sudah dapat nominal pasti. Kalau mangkal belum tentu," ujar Pak Nana saat ditemui di sela-sela kesibukannya menyajikan bubur untuk peserta senam Pelindo Cirebon.

Pembinaan UMKM merupakan salah satu bakti Pelindo untuk lndonesia.

Pelindo Cirebon peduli dan selalu mengupayakan UMKM lokal untuk bersama-sama berkembang dengan berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Pelindo Cirebon. (CB-003)