Sabtu, 01 Juni 2024

Sabtu, Juni 01, 2024
Wisata river tubing Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

TALUN (CIREBON BRIBIN) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon siap untuk mendukung pengembangan potensi pariwisata di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

Seperti diketahui, Desa Kubang memiliki potensi wisata river tubing yang memanfaatkan aliran sungai Cipager.

Wisata river tubing Desa Kubang menawarkan sensasi menyusuri Sungai Cipager dengan ban yang tak kalah seru dari arung jeram.

Ditemui dalam sosialisasi dan uji coba river tubing Desa Kubang, Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Disbudpar, Syafrudin Aryono mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Bapelitbangda untuk peningkatan destinasi wisata di Kabupaten Cirebon, khususnya desa wisata agar masuk dalam program prioritas.

"Alhamdulillah di tahun 2025, Bapelitbangda memberikan kesempatan kepada kami Dibudpar Kabupaten Cirebon untuk bersama-sama mengentaskan Desa Kubang dengan potensi river tubing dan lainnya," katanya.

Ia merinci, pengembangan potensi wisata river tubing di Desa Kubang ini antara lain pembangunan fasilitas permainan flying fox, pembangunan camping ground, pengadaan sarana dan prasarana river tubing dan menyediakan pembangunan spot yang Instagramable.

Pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai dinas terkait seperti DPUTR, Dishub dan DPMPD untuk mendukung pengembangan wisata di Desa Kubang ini.

Termasuk juga mencoba menarik investor yang tertarik untuk berinvestasi di Desa Kubang.

"Karena pengelolaan daya tarik wisata atau desa wisata di Kabupaten Cirebon ataupun daerah lainnya juga alangkah lebih baiknya kalau bisa bekerjasama dengan para investor, tidak bisa berdiri sendiri," jelas Ary.

Di tempat yang sama, Kabid LKD dan UEM DPMD Kabupaten Cirebon, Peni Fibririanti, dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata Desa Kubang mengatakan, pihaknya akan memberikan pelatihan-pelatihan bagi BUMDes untuk pengelolaan wisata river tubing.

"Nanti penglola, BUMDes nya Kita arahkan untuk safetynya pengunjung bagaimana, tempatnya harus seperti apa, menurut standar dari kegiatan ini," katanya. 

Sementara itu, Kabid Bina Kontruksi DPUTR Kabupaten Cirebon, Lukman mengatakan pihaknya juga siap mendukung rencana Disbupad Kabupaten Cirebon untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Desa Kubang.

Sesuai kewenangannya, PUTR akan membantu dalam hal infrastruktur dalam hal ini berupa akses jalan.

"Kita bisa membantu itu di akses jalan ke arah sini (Desa Kubang) tapi yang ber SK jalan Kabupaten," tambahnya. (CB-003)