Rabu, 20 Maret 2024

Rabu, Maret 20, 2024
Posko Motis di Stasiun Cirebon Prujakan. Foto: Daop 3 Cirebon

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan dalam Angkutan Lebaran Tahun 2024.

Motis adalah program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik beserta dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis.

"Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini," katanya, Selasa (19/3).

Ia menuturkan, pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret sampai dengan 18 April baik secara online atau langsung melalui Posko Motis di Stasiun Cirebon Prujakan, Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong dan Kebumen.

"Angkutan mudik Motis akan diberangkatkan pada 2 sampai dengan 8 April, sedangkan angkutan balik Motis dilaksanakan pada 13 April sampai dengan 19 April 2024," tuturnya.

Zainul menjelaskan, DJKA Kemenhub juga mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan - Semarang Tawang, Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya - Kutoarjo, dan Lintas Selatan dengan rute Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Masyarakat dapat menikmati layanan tarif hanya Rp10 ribu apabila penumpang KA Motis Utara berangkat atau naik dari Stasiun Cilegon dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan, namun akan dikenakan tarif Rp20 ribu apabila berhenti atau turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan.

"Demikian pula untuk penumpang KA Motis Tengah yang berangkat atau naik dari Stasiun Pasar Senen dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan dikenakan tarif Rp10 ribu, namun akan dikenakan tarif Rp20 ribu apabila berhenti atau turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan," jelasnya.

Adapun persyaratan selain mendaftar melalui online di laman mudik gratis dephub yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk, pendaftar juga harus menyiapkan KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga dan STNK serta besaran motor adalah < 200CC. 

Sedangkan untuk layanan verifikasi dari pendaftar online dan menerima pendaftar manual dilayani dari pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB.

Zainul menambahkan, pada Angkutan Motis tahun ini, DJKA Kemenhub akan menyiapkan kapasitas angkut motor sebanyak 870 unit perhari yang terdiri dari 232 unit motor untuk Lintas Utara, 464 unit motor untuk Lintas Tengah dan Lintas Selatan sebanyak 174 unit motor perhari.

Sehingga untuk total jumlah motor yang dapat diangkut untuk 14 hari pelaksanaan sebanyak 12.180 unit motor. 

"Sedangkan tempat duduk penumpang yang disediakan perharinya sebanyak 2.014 TD dengan rincian 530 penumpang per hari untuk Lintas Utara, 1.060 penumpang per hari untuk Lintas Tengah dan 424 penumpang per hari untuk Lintas Selatan, sehingga total penumpang yang dapat menikmati layanan Angkutan Motis sebanyak 28.196 penumpang," tambahnya. (CB-003)