Selasa, 20 Februari 2024

Selasa, Februari 20, 2024

 

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Herman Khaeron

CIREBON BRIBIN – Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan empat pilar kebangsaan memberikan pemahaman dalam mengenal Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tentu dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Empat pilar jadi pedoman bagi kehidupan dalam bermasyarakat," kata Kang Hero sapaan akrabnya saat sosialiasi empat pilar di gedung PGRI Kabupaten Cirebon, Selasa (20/2/2024)

Masih kata Kang Hero, empat pilar akan menumbuhkan sikap toleransi di masyarakat. Sehingga, terjadi kerukunan antar umat beragama, mengingat bangsa Indonesia memiliki suku, agama yang beragam.

"Saling toleransi di masyarakat akan membuat kehidupan rukun dan bahagia. Tanpa ada gesekan yang menyebabkan perpecahan," ujarnya.

Tujuan empat pilar disosialisasikan kepada masyarakat agar meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga 4 pilar bangsa ini. Dengan harapan masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Kang Hero menambahkan implementasi empat pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

"Ketika nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika mampu mereka terapkan di kehidupan sehari-hari, saya yakin efeknya akan luar biasa,” ungkapnya.

Ia mengajak kepada masyarakat mengimplementasikannya dalam berinteraksi di lingkungan tempat tinggal dan masyarakat luas. "Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini perangkat desa bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya. (CB-001).