Rabu, 27 Desember 2023

Rabu, Desember 27, 2023

 


CIREBON BRIBIN – Buat kalian mahasiswa tingkat akhir yang masih bingung menentukan judul penelitian atau judul skripsi, silahkan baca artikel ini hingga tuntas.

Berikut tips atau cara membuat judul penelitian skripsi agar cepat disetujui atau di accedere (di-acc) dosen pembimbing.

Menentukan dan membuat judul skripsi memang bukan perkara mudah apalagi untuk mahasiswa strata satu (S1) yang baru pertama kali membuat penelitian sebagai tugas akhir atau syarat kelulusan.

Menurut Ketua Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Dr. Ira Mirawati, M.Si ada tips mudah agar judul atau tema penelitian cepat di-acc dosen pembimbing.

Dia menuturkan langkah awal untuk memulai membuat tema atau judul skripsi adalah membuka situs database jurnal internasional seperti doaj.org, researchgate.net, sciencedirect.com, proquest.com, scholar.google.com dan lain-lain.

“Kemudian tulis kata kunci (keyword) bidang yang ingin diteliti atau bidang kajian program studinya (dalam bahasa Inggris),” katanya.

Setelah itu, lanjut Ira unduh artikel atau jurnal yang sesuai tema atau bidang penelitian yang diharapkan kemudian mulai langkah ATM yaitu adopasi, tiru dan modifikasi.

“Buatlah outline dengan mengganti lokasi dan objek penelitian dengan lokasi dan masalah yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Setelah semua langkah di atas dilakukan yang terakhir mengajukan tema atau judul penelitian skripsi ke dosen pembimbing.

“Jika langkah demikian dilakukan mahasiswa maka judul skripsi yang dibuat akan cepat disetujui dosen pembimbing,” pungkas Ira.

 

Sumber Youtube: @BuiramiraOfficial