Selasa, 26 Desember 2023

Selasa, Desember 26, 2023
Petugas kepolisian memantau kondisi arus lalu lintas di GT Palimanan, Selasa (26/12).

PALIMANAN (CIREBON BRIBIN) - Penerapan one way di KM 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan hingga KM 72 GT Cikampek Utama yang sedianya akan dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB hari ini belum dilaksanakan.

Kepala Korps Satuan Lalulintas (Kakorlantas) Polri Irjen. Pol. Dr. Drs. Aan Suhanan, M.Si yang melakukan langsung pemantauan arus balik libur Natal mengatakan, lalu lintas kendaraan masih berada dibatas aman.

"Saat ini, arus lalu lintas dari Semarang dan di Cirebon sendiri masih cukup landai," katanya, Selasa (26/12)

Aan menambahkan dari indikator tersebut, sehingga tidak perlu melakukan intervensi rekayasa lalulintas, penerapan jalur One-Way dan Contaflow.

"Kita melihat traffic counting Palimanan baru mencapai 2164 perjam," tambahnya.

Aan menjelaskan untuk melakukan intervensi tersebut pihaknya memiliki batasan indikator, jika jumlah kendaraan melebihi batas indikator akan dilakukan rekayasa lalulintas.

"Kita harus intervensi itu harus diangka 3500 perjam kendaraan yang melintas," jelasnya.

Aan menuturkan pemberlakuan one Way belum dilaksanakan karena dari hasil pantauan lalulintas dari Semarang menuju Jakarta cenderung menurun, tepatnya di KM 414 Kalikangkung.

"Perjalanan dari Semarang ke Jakarta itu 3 jam, kita tunggu sampai jam 15.00 WIB, sampai kesini atau tidak," tuturnya.

Pihaknya menyampaikan jika sampai jam tersebut tidak ada peningkatan, maka tidak dilakukan intervensi rekayasa lalulintas.

"Hanya perjalanan lokal aglomerasi di Semarang, karena traffic counting kita ada di KM 414," pungkasnya. (CB-004)