Jumat, 12 April 2024

Jumat, April 12, 2024
PJ Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi meninjau tempat kejadian meninggalnya 4 teknisi CSB Mall Kota Cirebon, Kamis (11/4).

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi bersama Pj Sekda Kota Cirebon, Mohammad Arief Kurniawan dan sejumlah kepala perangkat daerah meninjau Tempat Kejadian Perkara (TKP) meninggal dunianya empat teknisi CSB Mall, Kamis (11/4).

Dalam kesempatan itu, Agus selain bersilaturahmi Hari Raya Idul Fitri, juga menyampaikan duka cita atas kejadian tersebut dan meminta penjelasan manajemen CSB Mall

"Kami turut prihatin dan berbelasungkawa atas meninggalnya empat orang pegawai CSB Mall karena kecelakaan kerja. Ini menjadi catatan kami, selaku otoritas yang mempunyai fungsi pengawasan dan pengendalian yang ada di Kota Cirebon," katanya.

Agus menegaskan bahwa pertemuan ini menjadi dasar dan kesepakatan agar CSB Mall melaporkan kejadian tersebut secara tertulis kepada Pemda Kota Cirebon. Baik itu kronologis dan data yang dibutuhkan dinas terkait.

"Kejadian ini harus menjadi evaluasi untuk manajemen CSB Mall. Sistem yang berjalan dalam pengelolaan limbahnya seperti apa, itu harus dilakukan secara optimal dan kami harap kejadian seperti ini tidak terulang," tegasnya.

Tak hanya itu, Ia juga meminta kepada manajemen CSB Mall agar memberikan hak-hak kepada korban dan keluarga korban sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Terimakasih untuk manajemen CSB Mall, upaya yang sudah dilakukan mulai dari pemulasaran jenazah hingga mengunjungi keluarga korban. Kami pastikan manajemen CSB Mall juga memberikan perhatian khusus dan santunan yang layak sesuai peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Agus juga berterimakasih kepada dinas terkait yang sudah bekerja keras saat melakukan rescue di lokasi kejadian.

Atas kejadian tersebut, pihaknya mengimbau kepada pengelola mall dan hotel yang ada di Kota Cirebon untuk memperhatikan keselamatan pekerja dan pengunjung.

"Terlebih saat ini libur lebaran, traffic pengunjung di pusat perbelanjaan, hotel tentu meningkat. Kami tidak ingin kejadian tersebut terulang, untuk itu akan dilakukan pengawasan dan pengendalian terkait sarana prasarana di sektor pelayanan publik, karena kenyamanan dan keselamatan adalah prioritas," katanya.

Sementara itu, Head Operation PT NWP property CSB Mall Ryanto Mulyono mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pj Wali Kota dan jajaran. Pihaknya juga menjamin para keluarga korban akan menerima santunan atas kejadian tersebut.

"Kami terus berkoordinasi dengan pusat agar santunan secepatnya dicairkan. Untuk saat ini, kami juga berkomunikasi dengan Pemda Kota Cirebon dan mengikuti seluruh proses dari pihak yang berwenang," ujarnya.

Seperti yang diketahui, empat petugas teknisi meninggal saat melakukan pemeriksaan rutin di area septic tank (tangki septik) CSB Mall Kota Cirebon pada Selasa 9 April 2024. (CB-003)