Minggu, 03 Maret 2024

Minggu, Maret 03, 2024
Rapat rekapitulasi hasil Pemilu 2024 tingkat Kota Cirebon, Minggu (3/3).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon melaksanakan rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Kota Cirebon.

Pelaksanaan rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Kota Cirebon ini dilakukan di Grage Grand Bussines Hotel Cirebon, Minggu (3/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut, segenap unsur Forkopimda Kota Cirebon, Ketua KPU Kota Cirebon, Ketua Bawaslu Kota Cirebon, para kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko kepada media menyampaikan ucapat terimakasih karena pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar.

Hal ini menurutnya berkat kerja keras dari seluruh pihak terkait.

"Saya bersyukur sejak pelaksanaan pemilu 14 Februari sampai hari ini semua berjalan lancar dan tertib. Ada dinamika saat rekapitulasi di tingkat kecamatan , itu hal yang biasa dan bisa terselesaikan dengan baik," ujarnya.

Mardeko menjelaskan, sebelum hasil dari rekapitulasi ini dibawa ke tingkat provinsi, maka jika ada persoalan diharapkan bisa diselesaikan di tingkat kota.

"Kita harapkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Cirebon bisa sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yakni dua hari, hari ini dan besok insya Allah selesai," harapnya. 

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon , Agus Mulyadi menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu beserta segenap jajarannya pada setiap tingkatan yang telah mampu memastikan seluruh rangkaian dan tahapan Pemilu di Kota Cirebon berjalan sebagaimana mestinya.

"Kami apresiasi atas segala hal yang sudah diberikan, termasuk TNI/Polri yang terus memberikan dukungan. Dengan dinamika yang terjadi , mulai dari tingkat Kecamatan, perbedaan pandangan dan lainnya mampu diselesaikan dan difasilitasi oleh KPU dan Bawaslu," katanya.

Pj Wali Kota berharap sinergi dan komitmen kuat yang telah terjalin sampai pada tahap pelaksanaan rekapitulasi ini dapat senantiasa terjaga dan memastikan seluruh aturan teknis dan koridor hukum tetap terlaksana dengan baik.

Secara khusus, dalam forum ini, setiap partai politik dan kandidat pasti memiliki perwakilan saksi masing-masing. 

Agus juga mengajak untuk menjaga suara dan hak konstitusional masyarakat dengan memastikan perhitungan ini sudah sesuai dengan apa yang dihasilkan di setiap TPS.

"Kita berharap tahapan berikutnya dari tingkat Kota Cirebon ditindaklanjuti di tingkat Provinsi. Prosesnya terus berjalan, jika ada hal yang perlu diselesaikan atau kami siap diskusi, dan kami yakin semua punya persepsi yang sama dalam menjalankan tugas sesuai dengan norma yang ada," pungkasnya. (CB-003)