Rabu, 14 Februari 2024

Rabu, Februari 14, 2024
Bimtek Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Panwascam Sumber.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Tahapan krusial Pemilu 2024, pada Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura), menjadi fokus utama yang mengemuka. Ketua Panwascam Sumber, Lilik Hanafiyah, menggarisbawahi pentingnya kewaspadaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) selama proses ini.

Menurut Lilik Hanafiyah, tahapan Tungsura menjadi penentu akhir sebelum hasil pemilu ditetapkan. Oleh karena itu, koordinasi aktif antara petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU), PTPS, Pengawas Desa/Kelurahan (PKD), serta Panwascam menjadi krusial.

"Peran berat PTPS terletak pada waktu kerja yang terbatas. Koordinasi yang sinergis di antara semua pihak terlibat adalah kunci utama dalam memastikan integritas proses," ungkap Lilik.

Lilik menegaskan pentingnya menyelesaikan masalah sesuai dengan instruksi Bawaslu. Dia menekankan bahwa komunikasi yang baik adalah kunci penyelesaian masalah, namun jika tidak memungkinkan, pelaporan kepada Bawaslu harus segera dilakukan.

"Saatnya menunjukkan kemampuan kita untuk berkomunikasi secara efektif. Namun demikian, jika tidak membuahkan hasil, laporkan kepada pihak berwenang," tandasnya.

Dalam mengakhiri pernyataannya, Lilik mengajak untuk mematuhi prosedur administrasi dengan baik. "Mari kita selesaikan setiap masalah dengan tertib administrasi. Kesalahan umum seperti cacat prosedur pembukaan kotak suara, ketidaksesuaian aturan, atau kehilangan dokumen harus ditangani dengan tepat," tutupnya.