Rabu, 14 Februari 2024

Rabu, Februari 14, 2024
Rakor pengawas dan penghitungan suara Pemilu 2024.

KAPETAKAN (CIREBON BRIBIN) - Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kapetakan mengadakan rapat koordinasi (rakor) yang diselenggarakan dengan penuh semangat untuk mempersiapkan pemungutan dan perhitungan suara (Tungsura).

Rakor ini dihadiri oleh para pihak terkait, termasuk Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Se-Kecamatan Kapetakan, Senin (12/2).

Ketua Panwascam Kapetakan, Endang Ade, menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Perbawaslu) Nomor 1 Tahun 2024, tahapan persiapan Pemilu 2024 memiliki tugas utama yang harus diprioritaskan.

"Kami bertekad untuk memastikan semua persiapan terkait lokasi TPS, distribusi formulir C-Pemberitahuan, dan kelengkapan KPPS serta perangkatnya," ungkap Endang.

Dia menambahkan bahwa salah satu fokus utama saat ini adalah persiapan untuk Tungsura.

Tujuannya adalah untuk memastikan distribusi formulir C1-Pemberitahuan oleh KPPS kepada pemilih berjalan sesuai waktu yang ditentukan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

Langkah-langkah ini penting untuk memastikan bahwa TPS siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin terjadi, seperti penyusunan TPSH-1 Pelaksanaan 

Pemungutan serta mengantisipasi potensi gangguan cuaca buruk dan pemadaman listrik selama proses pemungutan dan perhitungan suara.

Tidak hanya sebatas pengawasan, rakor Tungsura juga menjadi momen penting bagi Panwascam Kapetakan untuk meningkatkan kapasitas seluruh jajaran PKD dan Pengawas TPS Se-Kecamatan Kapetakan dalam menghadapi hari-H pemungutan suara. (CB-006)