Rabu, 14 Februari 2024

Rabu, Februari 14, 2024
Rakor Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 Panwascam Beber.

BEBER (CIREBON BRIBIN) - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Beber, Kabupaten Cirebon, telah beralih fokus secara penuh untuk mengawasi tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) dengan ketat.

Ketua Panwascam Beber, Habib Ridho mengatakan tahapan Tungsura menjadi poin krusial yang menentukan sebelum hasil resmi pemilu diumumkan.

Koordinasi yang intens antara Panwascam, Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), dan pihak terkait lainnya menjadi kunci penting dalam menjaga integritas dan kelancaran proses demokrasi.

"Dalam memastikan integritas dan kesinambungan proses demokrasi, kami mendorong PTPS untuk memahami dengan baik dalam mencegah pelanggaran dan menangani situasi dengan cermat sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Habib Ridho pada Senin (12/2).

Habib Ridho juga menyoroti tantangan yang dihadapi PTPS, terutama terkait dengan batasan waktu kerja yang ketat.

Oleh karena itu, koordinasi yang aktif menjadi kunci keberhasilan, bahkan jika itu berarti bekerja hingga larut malam.

Tak hanya itu, Panwascam Beber juga berkomitmen untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap proses pemantauan, serta mengajak semua pihak untuk mematuhi prosedur administrasi dengan baik, dengan harapan setiap permasalahan dapat ditangani secara tertib dan efisien.

"Kepentingan menyelesaikan setiap permasalahan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Bawaslu kami tekankan. Komunikasi yang efektif menjadi kunci utama, namun jika diperlukan, pelaporan ke Bawaslu menjadi langkah yang diperlukan," tambahnya. (CB-006)