Sabtu, Januari 21, 2023
Dari kiri ke kanan : Para pemain film Balada Si Roy, Omara Esteghlal, Abidzar Al Ghifari, Jourdy Pranata

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Film Balada Si Roy yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama sudah mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Film Balada Si Roy menurut para pemainnya bukan sekedar tontonan semata, namun banyak pesan yang disampaikan di dalamnya.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan para pemain Film Balada Si Roy yakni Abdizar Al Ghifari, Jourdy Pranata dan Omara Esteghal di Cirebon, Sabtu (21/1).

"Karena ini menceritakan tentang balada ya, dari judulnya saja sudah Balada Si Roy, ini kumpuluan cerita dari pengalaman Roy," ungkap Jourdy Pranata mewakili.

Jourdy Pranata yang berperan sebagai Andi menjelaskan, salah satu yang ingin disampaikan dari film Balada Si Roy ini adalah bagaimana untuk berpikiran terbuka dalam menghadapi suatu masalah.

"Dalam menghadapi suatu masalah bahwa enggak selamanya pakai otot. Dan masalah romansa juga enggak melulu pakai nafsu," jelasnya.

Ditambahkan Abdizar Al Ghifari yang memerankan Roy, sosok Roy mencoba menampilkan pesan bahwa anak-anak seusianya harus bisa memiliki kepercayaan diri.

"Roy di film ini ngasih tahu ke penonton kalau misalnya memang pada saat seusia kita tuh adalah usia-usia kita ingin berontak, kita nggak mau selamanya dikurung sama peraturan yang siapa yang bikin sih peraturan ini kalau gua bener kenapa gua harus menahan," tambahnya.

"Jadi Balada Si Roy ini akan menampilkan itu, kepercayaan diri seseorang, tidak takut salah, tidak takut dengan hal-hal yang lebih besar dari diri dia," katanya lagi.

Sementara itu, Omara Esteghal yang berperan sebagai Toni mengatakan ada kritik sosial yang ingin disampaikan melalui film Balada Si Roy. Hal yang menantang menurutnya adalah bagaimana menyampaikan hal tersebut.

"Karena Roy ini adalah simbol dari rakyat dan sekolahnyaini banyak yang ditindas, dan ini kan sebenarnya ada kritik sosialnya disini. Tapi bagaimana kita membungkus itu agar bukan sindiran jadi satir, itu lumayan jadi kesulitan untuk kita aktor dan bukan hanya sutradara karena kita tidak bisa langsung dengan jelas blak-blakan kita tuh nih ngomongin ini loh," katanya.

Tentang film Balada Si Roy ini sendiri merupakan film keempat dari IDN Pictures dan sudah tayang serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 19 Januari 2023.
Seperti novelnya,film ini juga akan menyajikan kisah dan petualangan Roy yang meliputi berbagai aspek kehidupan yang kompleks, mulai dari pencarian jati diri, persahabatan, dan cinta dengan latar wajah masyarakat Indonesia di tahun 1980-an. Lebih dalam dari sekedar kisah cinta remaja, “Balada Si Roy” hadir dengan konflik yang kuat, baik konflik personal, keluarga, hingga konflik
yang berlatar pada kondisi sosial di era itu.

Film Balada Si Roy menampilkan sejumlah pemain muda maupun senior Tanah Air, diantaranya Abidzar Al Ghifari, Febby Rastanty, Bio One, Zulfa Maharani, Sitha Marino, Jourdy Pranata, Omara Esteghlal, Yusuf Mahardika, Lulu Tobing, Dede
Yusuf, Marthino Lio, dan sederet nama pemeran lainnya. Soundtrack film “Balada Si Roy” juga turut diisi oleh dua musisi berbakat, Fiersa Besari dan Eet Sjahranie.

Film ini disutradarai oleh Fajar Nugros, yang sukses dengan filmnya “Srimulat: Hil yang Mustahal” dan film “Inang” di tahun 2022 lalu, serta ditulis oleh Salman Aristo yang juga menulis beberapa karya film ternama seperti “Laskar Pelangi” dan “Ayat-Ayat Cinta”. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar