Selasa, November 29, 2022
Tradisi unik mandi oli untuk siswa penerbangan Pro Flight Pilot School Cirebon, Selasa (29/11).


HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - Pro flight Pilot School menggelar tradisi unik mandi oli untuk salah seorang siswanya yang berasal dari Papua, Selasa (29/11).

Tradisi mandi oli dilakukan usai siswa bernama Yosep Jangkup menyelesaikan first solo flight atau penerbangan pertamanya.

Chief Instructor Pro Flight Cirebon, Captain Rifadianto menjelaskan tradisi mandi oli ini berlaku di seluruh dunia.

"Mandi Oli bagi siswa penerbangan merupakan sebuah tradisi yang berlaku turun temurun di seluruh dunia bahwa anak ini sudah mampu menerbangkan pesawat sendiri," jelasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, sebelum menerbangkan pesawat sendiri siswa akan melakukan serangkaian penerbangan bersama instrukturnya selama 10 jam. Pada jam ke 10 tersebut juga dilakukan ujian untuk menentukan apakah siswa tersebut mampu menerbangkan pesawat.

"Di jam ke 10 di uji kalau bisa kita lepas itu namanya first solo flight dalam rangka bersyukur intinya begitu," katanya.

Ia menambahkan, Pro Flight merupakan sekolah pilot di Cirebon yang memiliki siswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Sejak tahun 2018 hingga sekarang, sudah ada sekitar 280 lulusan yang mana 85 persen diantaranya sudah terserap di maskapai domestik," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar