Jumat, 18 Juni 2021

Jumat, Juni 18, 2021
Lurah Tukmudal, Baihaqi mengaku kewalahan akibat lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi dalam sepekan terakhir.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Sepekan terakhir kasus Covid-19 di Kelurahan Tukmudal Kecamatan Sumber bertambah 20 orang. Menjadi Kelurahan dengan jumlah kasus terbanyak di Kabupaten Cirebon membuat Lurah Tukmudal, Baihaqi kewalahan.

"Bisa dibilang gawat, seminggu ini tiap hari ada aja laporan dari warga. Itu baru laporan lisan dari warga, nanti rekapan final pasti jumlahnya nambah," tuturnya saat ditemui Cirebon Bribin di kantornya, Kamis (17/6).

Dipaparkan lebih lanjut oleh Baihaqi, sampai saat ini tercatat total ada 334 kasus Covid-19 di kelurahannya. Terdiri dari 268 pasien sembuh, 45 orang isolasi mandiri di rumah, dan 12 orang dirawat di rumah sakit.

"Sampai hari ini berarti ada 9 kasus meninggal," imbuhnya.

Menurut Baihaqi mobilitas warganya yang tinggi menjadi pemicu dari tak kunjung melandainya kasus Covid-19 di kelurahannya. Selain itu juga adanya kegiatan warga seperti hajatan menjadi klaster baru penyebaran.

"Untuk acara semacam hajatan kan sebenarnya tidak ada larangan, asal mematuhi prokes, tapi kenyataan di lapangan tetep aja nggak bisa terkontrol," ujarnya.

Untuk warganya yang terkonfirmasi positif dan melakukan isolasi mandiri di rumah, dikatakan oleh Baihaqi dari pihaknya memberikan bantuan berupa sembako untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Alhamdulillah kalau sekarang kan ada anggaran buat PPKM Mikro itu ya, jadi ya terbantu. Tidak banyak memang yang kami kasih buat mereka, tapi setidaknya ada bentuk perhatian dari kami," tuturnya.

Dibalik kewalahannya mengatasi kasus Covid-19, ia berterimakasih kepada warganya atas kepedulian dan kesadaran mereka dalam mewaspadai pandemi ini.

"Saya apresiasi ke warga, mereka sudah sadar swab, itu lah kenapa jumlah kasusnya selalu nambah, ya karena rajin swab, kalau nggak swab darimana bisa tau," ungkap Baehaqi. 

Ia berharap kerjasama yang baik ini dapat terus ditingkatkan oleh warganya bersama dengan Satgas Covid tingkat kelurahan. Sehingga Covid-19 di Kelurahan Tukmudal bisa menurun.

"Untuk warga semoga selalu mematuhi prokes, juga kalau ditemukan kasus baru segera konfirmasi dengan pihak RT atau RW agar bisa segera ditindak lanjuti," pungkasnya. (CB-004)