Jumat, 18 Juni 2021

Jumat, Juni 18, 2021
Selain anggota kepolisian dan keluarga, masyarakat umum diperkenan untuk mengikuti kegiatan vaksinasi di Mapolresta Cirebon yang di agendakan satu minggu sekali.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Program vaksinasi gratis yang diadakan oleh Polresta Cirebon rupanya tidak hanya terbatas bagi anggota atau keluarga kepolisian saja, masyarakat umum pun diperbolehkan ikut serta tanpa dipungut biaya apapun dengan menunjukkan KTP.

"Target utama ya tentu saja anggota kepolisian beserta keluarganya, nakes di Polresta, juga para purnawirawan. Tapi masyarakat umum khususnya yang aktivitas nya di sekitar Mapolres juga kita ajak," kata Kepala Urusan Kesehatan (Kaurkes) Mapolresta Cirebon, Iptu Ilyas saat ditemui, Kamis (17/6).

Dikatakan oleh Ilyas, dalam satu kali agenda vaksinasi yang diadakan setiap minggunya, ada sekitar 200 vaksin Sinovac yang disediakan.

"Seminggu sekali, tiap hari Senin mulai dari jam delapan pagi," ucapnya.

Lebih lanjut, tambahnya, sebelum menerima vaksin, pasien harus terlebih dahulu di-screening oleh petugas, guna memastikan bahwa yang bersangkutan aman menerima suntikan vaksin.

Adapun screening yang dilakukan mencakup ada tidaknya Komorbit serta riwayat penyakit yang dimiliki pasien.

"Tes tensi darah, riwayat diabetes gula darahnya tinggi atau rendah, kalau tinggi ya di tunda dulu," terang Ilyas.

Terkait KTP, sambung Ilyas, tidak menjadi permasalahan jika masyarakat yang ingin divaksin ber-KTP di luar Cirebon.

"Orang mana saja boleh mbak, asal bawa KTP karena kita butuh NIK nya itu," sambungnya.

Ilyas berharap program ini dapat berjalan lancar, sehingga membantu Pemerintah Pusat dalam upaya menekan angka penyebaran pandemi Covid-19.

"Semoga sih bisa berjalan lancar, vaksinasi ini akan terus kami adakan sampai benar-benar dinyatakan Covid-19 berakhir," pungkasnya. (CB-004)