Sabtu, 05 Juni 2021

Sabtu, Juni 05, 2021
Situs Bujal Dayeuh di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Cirebon

PESAWAHAN (CIREBON BRIBIN) - Kabupaten Kuningan telah banyak dikenal memiliki potensi wisata alam yang sangat kaya. Sebut saja seperti Gunung Ciremai, Buper Palutungan, Curug Landung dan lainnya. Tapi, tahukah ternyata Kabupaten Kuningan juga memiliki daya tarik pariwisata yang lain yakni sejarah.

Salah satunya ada di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pesawahan. Desa yang sudah menyabet segudang prestasi bahkan hingga level ASEAN.

Di Desa ini, terdapat sebuah situs purbakala, yang dikenal dengan nama situs Bujal Dayeuh. Di sini, telah ditemukan sarkofagus atau peti kubur batu. Yang mana dari dalam peti kubur batu tersebut, juga telah ditemukan beberapa benda lain seperti kapak genggam.

Dari penggalian lain dibeberapa lokasi di sekitar situs oleh tim dari Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional (LPPN) Jakarta, di Desa Cibuntu juga ditemukan beberapa benda purbakala lainnya seperti menhir, dolmen, arca dan struktur batuan lain.

Yang tak kalah menarik, dari papan pengumuman yang di pasang oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan di situs Bujal Dayeuh. Ternyata benda-benda purbakala yang ada di Desa Cibuntu berusia sangat tua, yakni waktunya sekitar 3500 sebelum masehi.

"Hal-hal yang ditunjukan pada penemuan peyi kubur batu, bahwabenda tersebut tidak berasal dari gemlombang kebudayaan megalitik muda, tetaoi dari gelombang yang tua. Dengan demikian dapat ditentukan waktunya yaitu sekitar 3500 sebelum tarikh masehi," bunyi tulisan dalam pengumumuman.

Situs Bujal Dayeuh ini juga telah ditetapkan menjadi benda cagar budaya dan dilindungi oleh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2020 serta Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan nomor 7 Tahun 2006 tentang pengelolaan museum, kepurbakalaan, kesejahteraan dan nilai tradisional. (CB-003)