Selasa, 13 Maret 2018

Selasa, Maret 13, 2018

Cirebon Power bersama dengan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formas PL) melakukan penanaman ribuan mangrove dalam rangka merekondisi pesisir pantai Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Selasa (13/3).

Penanaman mangrove ini sendiri merupakan, kegiatan regular lanjutan yang sudah pernah dilakukan oleh Cirebon Power sebelumnya.

Dikatakan Hafid Saptandito, Head Of CSR Cirebon Power, pihaknya sudah melakukan pelestarian lingkungan disekitar wilayah pesisir pantai Cirebon sejak tahun 2011 lalu. Hingga tahun 2017, sudah 70 ribu batang mangrove yang ditanam di pesisir Cirebon

Kegiatan ini ujar Hafidz, sebagai langkah nyata untuk menjaga lingkungan pesisir pantai Cirebon dari tingginya angka abrasi pantai yang terjadi.

“ Ini kegiatan lanjutan, tahun-tahun sebelumnya juga sudah kita lakukan. Ini bentuk komitmen kami untuk turut berperan menyelamatkan pesisir Cirebon yang kian terancam abrasi” kata Hafidz.

Untuk bisa lebih aktif menjaga dan melestarikan lingkungan, Cirebon Power menggandeng Formas PL untuk bisa menghasilkan bibit-bibit pohon, yang nantinya akan disebar dan ditanam di sejumlah wilayah di Cirebon.

Hafidz menambahkan, selain mangrove, Formas PL juga mengembangkan bibit-bibit pohon lainnya, yang bisa ditanam untuk menjaga lingkungan.

“selain menanam, kami juga mengembangkan rumah bibit, dan menyiapkan ribuan bibit mangrove, pohon peneduh serta buah-buahan yang bisa disalurkan ke desa-desa yang membutuhkan, melalui Formas PL” tuturnya.



Selain itu, warga yang tergabung dalam Formas PL ini juga rutin melakukan silaturahmi lingkungan, yakni dengan memantau dan memelihara pertumbuhan tanaman di titik-titik penghijauan.

Yang mana, silaturahmi lingkungan ini, nantinya akan mengingatkan warga untuk tetap menjaga lingkungan, sekaligus memantau perkembangan wilayah yang sudah dilestarikan.

“ Kami ingin setelah ditanam, bakau dan bibit pohon tumbuh dan berkembang, demi kelestarian lingkungan.” kata Hafid.

Ada pun dalam kegiatan penanam hari ini, tambah Hafid lagi. Cirebon Power dibantu masyarakat dan pecinta lingkungan, menanam 5ribu pohon mangrove di pesisir Desa Waru Duwur.

“ Di Waruduwur, kita dibantu oleh Pokmaswas Bintang Samudra” kata Hafid.

Sementara itu, Warsita, salah satu anggota Pokmaswas Bintang Samudra menuturkan, pihaknya mengaku sangat terbantu dengan kepedulian Cirebon Power terhadap lingkungan sekitar. Karena menurutnya, dengan adanya penananaman mangrove ini, maka bisa membantu masyarakat dalam mencegah terjadinya abrasi pantai yang cukup cepat terjadi di pesisir pantai Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Warsita juga meminta masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan sekitar, salah satunya yaitu dengan menjaga kelestarian mangrove yang ditanam oleh Cirebon Power dan masyarakat. Menurut Warsita, kesinambungan kehidupan masyarakat pesisir sangat tergantung pada kelestarian ekosistem bakau.

“ Kami meminta kepada masyarakat, untuk ikut menjaga mangrove yang kita tanam, terutama agar tetap bisa hidup. Karena ini juga demi kebaikan bersama, untuk menjaga dari abrasi pantai,” ujar Warsita.(CB-003)