Selasa, 02 November 2021

Selasa, November 02, 2021
Foto : Istimewa

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Kegiatan negoisasi atau tawar menawar merupakan hal yang biasa ditemukan sehari-hari saat proses jual-beli, tidak terkecuali ketika Anda membeli produk elektronik di toko tradisional ataupun semi modern.

Adapun negosiasi yang dimaksud bukan berdebat atau bertengkar dengan penjual, namun untuk memastikan Anda dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang wajar. 

Berikut beberapa tips yang Anda bisa lakukan ketika menawar produk elektronik, Tips ini dapat membantu untuk memenangkan penawaran saat berbelanja : 

1. Perbandingan Harga
Sebelum membeli barang, cari info harga barang yang sama di beberapa toko yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk membandingkan harga. Sehingga saat menawar anda sudah punya patokan harga. 

2. Jadilah Pelanggan Tetap
Karena Anda adalah pelanggan setia yang membangun hubungan baik, penjual akan memberikan produk yang sesuai dengan harga yang pantas, karena biasanya penjual tahu Anda akan datang lagi .

3. Rekomendasikan kepada banyak orang
Jika Anda bisa mengenalkan banyak pelanggan pada penjual, hal ini akan membantu penjual untuk percaya bahwa Anda bisa membantu meningkatkan keuntungan penjual, sehingga mereka akan memberi harga terbaik sesuai dengan orang-orang yang anda perkenalkan.

4. Menawar dengan Rasional
Meski tergoda untuk menawar harga dengan sangat rendah. Namun, sebaiknya anda memberi penawaran harga yang mendekati harapan. Menurunkan harga terlalu rendah bisa membuat penjual tersinggung dan langsung kehilangan rasa respek terhadap anda. 
Bisa jadi, mereka malah tidak bersedia lagi menurunkan harga, bahkan memutus komunikasi dengan Anda. 
Selain menawar harga, sebenarnya Anda juga dapat meminta souvenir atau bonus lainnya dari penjual.

Sinta (33) asal Kebon Pelok Cirebon mengaku memperoleh harga terbaik dengan bonus tambahan setelah bernegoisasi di AIO Store Cirebon.

"Tadi saya buktikan nawar sama salah satu sales di AIO Store Cirebon, walaupun tempat nya terkesan mewah tapi ternyata harga nya murah dan masih bisa ditawar juga. Saya berhasil membawa TV 32" seharga 2,1 juta dengan Gratis STB (Set Top Box) senilai 200rb," kata Sinta, usai berbelanja di salah toko elektronik semi modern, Jumat (29/10). 

Menurutnya, naluri sebagai konsumen adalah mencari toko yang menjual produk berkualitas dengan harga yang ramah di kantong serta bisa ditawar. 

"Kalau saya beli produk elektronik mending secara langsung mas, kalau beli di online takut mengecewakan barangnya," ungkap Sinta. (Rls/CB-003)