Senin, Oktober 26, 2020

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dan Cuti Bersama serta Antisipasi Kontijensi Bencana Alam di Mapolresta Cirebon, Senin (26/10).

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW di prediksi akan meningkatkan aktivitas masyarakat di Kabupaten Cirebon.

Menyikapi hal tersebut, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan pihak siap untuk mengamankan dengan menyiagakan ratusan personel dan membuat pos pengamanan di sejumlah titik.

"Jajaran Polresta Cirebon siap mengamankan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H pada 28 Oktober - 2 November 2020 di wilayah Kabupaten Cirebon," katanya usai Apel Kesiapan Pengamanan Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dan Cuti Bersama serta Antisipasi Kontijensi Bencana Alam di Mapolresta Cirebon, Senin (26/10).

Syahduddi menuturkan, prediksi peningkatan masyarakat 
diantaranya mulai dari mudik ke kampung halaman, mengunjungi obyek wisata, pusat perbelanjaan dan kuliner, serta kegiatan keagamaan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya, potensi kerawanan yang muncul akibat meningkatnya aktivitas masyarakat di masa pandemi seperti sekarang ialah munculnya klaster penyebaran Covid-19. 

Selain itu, arus lalu lintas di wilayah hukum Polresta Cirebon juga diperkirakan meningkat dan saat ini telah memasuki musim penghujan sehingga diprediksi terjadinya bencana hidrometrologi seperti banjir serta longsor.

"Dari potensi-potensi itu kami sudah menyiapkan langkah antisipasinya, yakni meningkatkan pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan dengan melibatkan Satgas baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa untuk mencegah penyebaran Covid-19," tuturnya.

Dia mengatakan, jajaran Polresta Cirebon juga mendirikan pos pengamanan untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan di jalur tol maupun nontol. Sedikitnya ada tiga pos pam yang disiapkan di jalur tol, di antaranya, GT Palimanan Tol Cipali, Rest Area KM 229 jalur A dan Jalur B Tol Pejagan - Kanci.

"Untuk di jalur nontol, kami siapkan empat pos pengamanan, yakni di Palimanan, Weru, Kanci, dan Losari. Nantinya di pos-pos tersebut akan disiagakan personel gabungan dari instansi lain juga," ujar Kombos Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Jumlah petugas yang terlibat dalam pengamanan libur panjang akhir pekan kali ini mencapai 828 orang. Terdiri dari personel Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Satpol PP Kabupaten Cirebon, Dishub Kabupaten Cirebon, Dinkes Kabupaten Cirebon, BPBD Kabupaten Cirebon, Tagana, Basarnas, dan lainnya.

Syahduddi menyampaikan, para personel akan disebar ke sejumlah titik yang telah ditentukan. Termasuk sarana dan prasarana yang digunakan untuk menunjang pengamanan libur panjang akhir pekan.

"Kami juga menindaklanjuti surat edaran Kemenhub RI tentang larangan beroperasi angkutan barang yang diberlakukan pada 27 - 28 Oktober 2020 dan 30 Oktober - 2 November 2020," tambahnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Kabupaten Cirebon tetap di rumah saja selama masa libur panjang karena saat ini masih pandemi Covid-19. Jika terpaksa harus keluar rumah, maka Syahduddi meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Pake masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan menghindari kerumuman. Toh, selama ini kita juga sering libur, sehingga akhir pekan ini cukup di rumah saja bersama keluarga," pungkasnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar