Wujud Kepedulian Bank Indonesia Terhadap Dunia Pendidikan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon lakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Cirebon, Rabu (8/8).

Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka menjalankan program 'BI Mengajar" yang dilaksanakan serentak oleh Kantor Pusat, KPw Bank Indonesia balk di dalam maupun di luar negeri dan tanggal 6 s.d 10 Agustus 2018.

Kepala KPw BI Cirebon Abdul Madji Ikram yang menjadi pengajar utama dalam kegiatan ini menyampaikan. BI Mengajar adalah salah satu bentuk sumbangsih nyata Bank Indonesia (Bl) terhadap dunia pendidikan.

"Selain dari berbagai macam program telah dilaksanakan seperti pemberian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa/wi yang berprestasi, pembangunan Bl Corner di perpustakaan-perpustakaan Univerisitas, sekolah dan perpustakaan daerah. Serta PSBI berbagai sarana dan prasarana kepada sekolah-sekolah, universitas serta pondok pondok pesantren," katanya menjelasakan.


Program ini juga, lanjut Majid lagi. Juga merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Indonesia ke 65 di tahun 2018.

Dipilihnya SMA sebagai salah satu tujuan "BI Mengajar" adalah karena mempertimbangkan bahwa SMA merupakan Jenjang terdepan siswa untuk mulai memahami dan masuk ke dunia kerja serta menjadi bekal masuk ke perguruan tinggi.

"Melalui "BI Mengajar" diharapkan siswa/wi memperoleh gambaran mengenai visi, misi dan lingkup tugas BI sebagai Bank Sentral yang mempunyai kontribusi dalam perekonomian Republik lndonesia," katanya lagi.

Majid juga menambahkan, “BI Mengajar" dikemas sebagal salah satu wahana edukasi masyarakat yang dalam hal ini diwakili oleh para siswa/wi dimana kegiatan edukasi ini menjadi suatu bentuk literasi ekonomi dan kebanksentralan kepada masyarakat sehingga selain masyarakat lebuh memahami peran BI, Juga masyarakat dapat lebih memahami dan menangkap sinyal kebijakan yang diberikan oleh Bl selaku Bank Sentral.

" Sambutannya sangat antusias dari siswa/wi sekolah dalam pelaksanaan kegiatan BI Mengajar, terlebih lagi saat dilakukan sesi tanya jawab, dimana penanyaan-pertanyaan yang dilontarkan juga cukup kritis," tutur Majid.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Pasawahan sangat berterimakasih atas dukungan KPw BI Crrebon yang begitu besarnya terhadap dunia pendidikan, terhadap siswa/wi SMA sebagai generasi penerus. Beliau juga berpesan kepada siswa/wi yang hadir agar mampu menjadi kepanjangan tangan Bank Indonesra kepada masyarakat di sekitarnya tentang apa Itu Bank Indonesia, apa peran fungsinya di masyarakat dan kebijakan-kebijakan yang dibuat untuk perekonomian.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM