Kapolres Cirebon Kota Cetuskan Ide Bentuk Ekstrakulikuler Polisi Siswa - Cirebon Bribin

Cirebon Bribin

Media Informasi Masa Kini

Top Ads

HOT

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 17 Januari 2018

Kapolres Cirebon Kota Cetuskan Ide Bentuk Ekstrakulikuler Polisi Siswa


Kapolres Cirebon Kota Cetuskan Ide Bentuk Ekstrakulikuler Polisi Siswa

Guna menciptakan kondisi lingkungan yang tertib dan aman, khususnya dikalangan para pelajar. Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vibid AB cetuskan ide untuk membentuk ekstra kulikuler polisi sisiwa yang akan bekerja sama dengan seluruh sekolah yang ada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Polisi siswa ini, dikatakan Adi Vivid. Nantinya bisa menjadi sumber informasi bagi kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi-aksi seperti tawuran antar sekolah atau juga memberikan penyuluhan kepada teman-temannya tentang bahaya kenakalan remaja.


"Bagaimana siswa ini punya sistem yang kalau misalnya ada tawuran itu segera memberikan informasi kepolisian. Nanti kita akan ada program namanya polisi siswa di masing-masing sekolah dalam waktu dekat ini,"

Para polisi siswa ini, nantinya akan akan diberikan pendidikan untuk bagaimana caranya sebagai yang pertama informan kepolisian apabila terjadi dugaan tawuran, kemudian kenakalan remaja seperti narkoba mabuk-mabukan, seks bebas dan bagaimana pengaturan lalin secara sederhana.

Kemudian kita akan beri pengetahuan tentang KUHP misalnya terkait dengan pengeroyokan, narkotika, ancaman hukumannya berapa. Polisi sekolah juga bisa bertugas sebagai pertahanan dan mereka juga sebagai pengawas pengaman kegiatan sekolah misalnya saat upacara mereka yang pengaman di depan sekolah seperti ekstra kulikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang sudah jarang ada.

"Kegiatan ekstra kulikuler polisi siswa ini, kalau di mahasiswa mungkin akan mirip dengan Menwa,"tambahnya.

Untuk mewujudkannya, Adi Vivid mengatakan akan segera mengirim surat kepada Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Agar program ini bisa berjalan disekolah - sekolah.

"Karena yang punya kewenangan adalah Dinas Pendidikan, kami hanya menyampaikan gagasan,"pungkasnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot