KSOP Kelas II Cirebon Bagikan 4205 Kantung Daging Kurban


Sabtu, 2 September 2017. Dalam momen perayaan Idul Adha 1438 Hijriyah. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon lakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 17 ekor sapi dan 19 ekor kambing.

Hewan kurban yang di sembelih di KSOP Kelas II Cirebon ini merupakan titipan dari berbagai instansi seperti Bea Cukai, Imigrasi, Pol Air, dan Kementrian Perhubungan untuk kemudian dagingnya dibagikan kepada karyawan dan masyarakat di sekitar pelabuhan Cirebon.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban, Dani Djaelani mengatakan pembagian hewan kurban meliputi pekerja yang ada di lingkungan Pelabuhan Cirebon, pengguna jasa pelabuhan, dan masyarakat Panjunan, Lemahwungkuk, Cangkol Tengah, Selatan, dan Utara. Lalu sebagian ke yayasan dan sekolah yang ada di sekitar.

"Dari seluruh hewan kurban yang di sembelih, dibagi menjadi sebanyak 4205 kantung daging hewan kurban yang akan diberikan kepada karyawan, masyarakat dan Yayasan juga sekolah disekitar pelabuhan," ujarnya.

Dani juga mengatakan, sebelum dibagikan, hewan kurban yang disembelih di KSOP Kelas II Cirebon ini sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter hewan dari stasiun karantina pertanian kelas I Bandung.

"Untuk memastikan bahwa hewan kurban yang dibagikan ini benar-benar sehat dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat,"tegasnya.

Sementara itu, Latifah Nurhayati salah seorang anggota tim dokter hewan dari Stasiun Karantina kelas I Bandung mengatakan. Pemeriksaan yang dilakukan ada dua jenis, yaitu antemortem atau sebelum dipotong dan juga postmortem atau setelah hewan kurban dipotong.

"Sebelum hewan dipotong kita periksa terlebih dahulu dari kesehatannya, setelah dipastikan sehat barulah hewan tersebut oleh panitia di potong. Setelah hewan dipotong, kita periksa lagi. Pemeriksaan pada hewan setelah dipotong kita fokuskan pada hatinya. Untuk melihat apakah terdapat cacing hati atau tidak,"sebutnya.

Pemotongan hewan kurban di KSOP Kelas II Cirebon ini selesai pada pukul 2 siang dan hewan kurban segera diantar kemasing-masing wilayah pembagian untuk diserahkan kepada penerima setelah sebelumnya dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Kepala KSOP Kelas II Cirebon, Revolindo kepada perwakilan warga.(CB-003)

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM