Keraton Kasepuhan Gelar Haul Sunan Gunung Jati Ke-464




Peringati wafatnya Sunan Gunung Jati, malam hari ini Keraton Kasepuhan gelar Haul Sunan Gunung Jati yang ke 464. Peringatan Haul Sunan Gunung Jati ke-464 ini digelar secara sederhana dengan mengundang segenap keluarga besar Kesultanan Cirebon serta masyarakat Cirebon di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, komplek Keraton Kasepuhan Cirebon, Minggu (3/9).

Sunan Gunung Jati, wafat pada tanggal 12 Rayagung/ Zulhijah 1568 Masehi atau 974 Hijriyah dalam usia 120 tahun. Dalam perjalanan penyebaran Agama Islam. Sunan Gunung Jati memiliki peranan untuk menyebarkan Agama Islam di wilayah Jawa Barat, DKI dan Banten.

Sultah Sepuh ke XIV, PRA Arief Natadiningrat dalam sambutannya mengingatkan kepada para hadirin untuk selalu mengamanatkan pesan atau nasihat yang ditinggalkan oleh Sunan Gunung Jati.

"Sunan Gunung Jati telah meninggalkan amanat untuk kita semua. Ada 42 nasehat dari beliau untuk kita, salah satunya yang sangat terkenal adalah 'ingsun titip tajug lan fakir miskin',"sebut Sultan.

Dan perlu diketahui, lanjut Sultan lagi. Masjid Sang Cipta Rasa, kebanggan masyarakat Cirebon ini juga adalah peninggalan dari Sunan Gunung Jati untuk kita semua.

"Meski telah berusia 517 tahun, bangunan Masjid ini masih asli serta kokoh. Dan ini juga merupakan Masjid yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1500 M,"tutur Sultan.

Dalam haul ini, semua yang hadir turut mendoakan semoga Allah membalas segala amal ibadah Sunan Gunung Jati dan kelaurganya dengan sebaik-baiknya balasan.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM