Sabtu, 02 Maret 2024

Sabtu, Maret 02, 2024
Penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako dari Mabes TNI AU dalam rangka memperingati HUT ke 78 TNI AU di Gedung Negara, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu (2/3).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Ribuan masyarakat Kota Cirebon merasakan manfaat bakti sosial yang digelar Mabes TNI AU dalam rangka HUT ke 78 TNI AU.

Pelaksanaan bakti sosial dalam rangka HUT ke 78 TNI AU ini digelar di Gedung Negara, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu (2/3).

Waaspers Kasau, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ir Bob Henry Panggabean menjelaksan, ada 2 jenis bakti sosial yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke 78 TNI AU ini.

"Kegiatan baksos ini kita bagi 2 yaitu bakti kesehatan dan bakti pembagian sembako," jelasnya.

Mabes TNI AU menyiapkan sebanyak 2800 bantuan paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat Cirebon.

"Untuk bakti kesehatan yang dilaksanakan diantaranya yaitu pemeriksaan umum pemeriksaan gigi dan mata, kemudian donor darah, khitanan masal dan penyuluhan stunting," ujarnya.

"Kami berharap melalui kegiatan ini mampu juga menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia khususnya saat ini adalah masyarakat di Kota Cirebon," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan juga terkait rencana pengajuan Marsekal TNI (Purn.) Elang Soerjadi Soerjadarma yang memiliki garis keturunan Keraton Kanoman Cirebon untuk menjadi pahlawan Nasional.

"TNI AU bersama Pj Wali Kota Cirebon dengan Kesultanan Kanoman melaksanakan pengajuan proses untuk penganugerahan pahlawan Nasional kepada bapa Soerjadi Soerjadarma, kami berharap proses ini dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Mabes TNI AU.

"Sebuah kehormatan dan kebanggan kami menjadi salah satu titik lokasi rangkaian kegiatan HUT TNI AU," kata Agus.

Ia menambahkan, Pemerintah Daerah Kota Cirebon siap mendukung rencana pengajuan penganugerahan pahlawan Nasional kepada Marsekal TNI (Purn.) Elang Soerjadi Soerjadarma.

Menurutnya, ini menjadi sebuah kebanggaan dan kehormatan di mana salah satu putra terbaik Cirebon.

"Dan juga menjadi motivasi kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon bahwa ada putra terbaik yang pernah memimpin TNI AU maupun juga Panglima perang pada awal pembentukannya," tambahnya. (CB-003)