Selasa, Maret 26, 2024
Kasatlantas Polresta Cirebon, Ardi Wibowo

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2024, Polresta Cirebon melakukan berbagai persiapan sarana dan prasarana.

Kepala Satuan Lalulintas Polresta Cirebon, Ardi Wibowo menyampaikan, dalam menghadapi arus mudik 2024, pihaknya akan melakukan persiapan pengamanan baik di jalur tol maupun jalur arteri. 

Pihaknya mengatakan mengingat hari Jum'at minggu ini libur, di prediksi akan ada masyarakat yang melakukan mudik lebih awal. 

"Untuk mengantisipasi masyarakat yang melakukan mudik lebih awal, kita akan gelar pasukan atau personil di beberapa titik sepanjang jalur arteri," katanya, Selasa (26/3).

Hal tersebut dilakukan, karena di sepanjang jalur arteri atau pantura di Cirebon terdapat 4 titik rawan kemacetan. 

"Titik rawan di jalur pantura, diantaranya pasar tumpah Tegal Gubug, Pasar Minggu Palimanan, Pasar Kue Weru, dan Pasar Ikan Gebang," tambah Ardi. 

Persiapan yang dilakukan tidak hanya itu, jelas Ardi, pihaknya juga membangun 4 pos pelayanan strategis.

"Satu Pos terpadu di GT Palimanan, dan 3 pos pelayanan di titik-titik vital seperti KM 228 jalur A, KM 229 jalur B, dan Pos pelayanan di Ramayana Weru," jelasnya. 

Ardi menuturkan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, akan dilakukan beberapa opsi. 

"Bilamana terjadi lonjakan pemudik, akan dilakukan rekayasa lalu lintas atau Contra flow," tuturnya. 

Pihaknya berharapan arus mudik dapat berjalan lancar tanpa perlu intervensi lalu lintas.

Namun, dalam konteks keamanan dan kelancaran, penutupan U-Turn di sepanjang jalur arteri atau pantura juga tengah diberlakukan secara bertahap.

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi penutupan ini guna mendukung pengamanan jalur selama operasi Ketupat berlangsung," tutup Kasat Lantas, Ardi Wibowo. (CB-006)

0 comments:

Posting Komentar