Sabtu, 20 Januari 2024

Sabtu, Januari 20, 2024
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya memaparkan rencana pembuatan museum Topeng Wayang Wong Cirebon, Jumat (19/1).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Tahun 2024 ini, Kota Cirebon akan memiliki beberapa destinasi wisata baru.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, mengatakan, salah satu destinasi wisata baru yang tengah dipersiapkan dan akan dilaunching tahun ini adalah museum.

"Insya Allah di tahun 2024 kami juga sudah izin dan melaporkan kepada Pak Wali maupun Pak Sekda, area sebagian Gedung Balai Kota itu yang di sebelah kanan kita akan peruntukan untuk museum," katanya di rumah Dinas Wali Kota Cirebon, Jumat (19/1).

Menurut Agus, langkah ini merupakan bentuk keberpihakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terhadap warisan budaya yang ada di Cirebon.

Seperti diketahui, Pemda Kota Cirebon sampai saat ini memang belum memiliki museum.

"Tapi insya Allah tahun ini akan ada satu yang kita akan jadikan museum dan museumnya yang sedang kami persiapkan adalah Topeng Wayang Wong Cirebon," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sekitar 150 karakter di wayang wong Cirebon ini.

Menurutnya, Wayang Wong Cirebon berbeda dengan wayang wong yang ada di Jawa Tengah.

"Kalau di Jawa Tengah mungkin lebih ke fisik orangnya dilukis tapi, kalau di Cirebon itu orangnya mungkin tidak banyak tapi karakternya diwakili oleh topeng," jelasnya.

Agus menambahkan, saat ini pihaknya sedang memesan sekitar 150 karakter Wayang Wong

"Karena kita juga cukup prihatin Museum Wayang Wong Cirebon itu adanya malah di Solo. Nah kita akan coba ini juga bagian dari sebuah literasi edukasi kepada anak cucu kita nanti bahwa kita punya ragam budaya," tambahnya. (CB-003)