Minggu, 24 Desember 2023

Minggu, Desember 24, 2023

 

Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi saat monitoring sejumlah gereja, Minggu 24 Desember 2023

CIREBON BRIBIN - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon bersama TNI-Polri lakukan monitoring ke setiap Gereja yang ada di Kota Cirebon.

Monitoring tersebut bertujuan untuk pengamanan perayaan hari raya Natal.

Penjabat (PJ) Walikota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan monitoring ini dilakukan guna memantau kesiapan dan keamanan umat Kristen yang akan melaksanakan ibadah hari raya Natal.

"Monitoring ini terkait dengan kesiapan saudara-saudara kami yang akan melaksanakan ibadah Natal," katanya. Minggu (24/12/2023)

Agus menambahkan adapun tempat peribadatan yang di kunjungi diantaranya, Gereja Santo Yusup, GKI Pengampon, GKI Kalvari, dan HKBP Cirebon.

"Hari ini rencana ada 4 titik, dari unsur Pemda Kota Cirebon dan TNI-Polri serta elemen lainnya" tambahnya.

Agus menjelaskan melaksanakan monitoring tersebut dilakukan sebelum pelaksanaan ibadah, supaya pada saat ibadah bisa berjalan dengan lancar.

"Karena kalau kami hadir, biasanya mau tidak mau akan mengganggu, sehingga mengambil pelaksanaan di awal," jelasnya.

Agus menuturkan hasil dari pemantauan yang telah dilaksanakan semuanya aman terkendali, ini berkat kerjasama semua pihak TNI-Polri, pemerintah daerah, seluruh pihak-pihak terkait.

"Dari Anggota TNI-Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat akan terus melakukan pemantauan sampai tahun baru," tuturnya.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota (Ciko) Muhammad Rano Hadiyanto mengatakan untuk pengamanan ibadah Natal, pihaknya mengerahkan 104 personil, dan untuk pengamanan bersenjata setiap Gereja akan ada 2 personel dari Brimob.

"Mengamankan 42 Gereja dan ada 5 Gereja yang jemaat nya lebih dari 1000 orang, maka jumlah personel yang berjaga lebih banyak dari Gereja yang lain," pungkasnya.

Reporter: Didin Supriman

Editor: Maman Abdurahman