Rabu, 04 Januari 2023

Rabu, Januari 04, 2023
Telkomsel telah memastikan kelancaran dan kenyamanan komunikasi pelanggan selama periode NARU 2022/2023 dengan melakukan optimalisasi jaringan serta layanan di 493 Point of Interest (POI). Foto : Telkomsel.

CIREBON (CIREBON BRIBIN) - Selama momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) lalu. Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh 11,6 persen dibanding rata-rata hari biasa 2022, atau melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Telkomsel sendiri telah mengantisipasi adanya lonjakan trafik sehingga kelancaran komunikasi maupun aktivitas digital pelanggan dapat terjaga.

"Selama momen Nataru total trafik layanan data atau payload mencapai 49,8 petabyte," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, Rabu (4/1).

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Nataru didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial, layanan komunikasi, video streaming, mobile gaming, akses browsing dan layanan e-commerce.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi atau platform digital favorit seperti WhatsApp, TikTok dan lainnya.

"Untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen," ujarnya.

Saki mengungkapkan, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022/2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa. Dimana paling besar tercatat di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara yang tumbuh sebesar 41,7 persen.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukan adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik.

"Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta tumbuh 2,9 persen, Jawa Barat naik 2 persen, lalu Sumatera Utara dan Aceh meningkat hingga 1,5 persen," ungkapnya.

Selama momen Nataru, Telkomsel menegaskan komitmennya guna memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital berkat langkah antisipatif yang telah dilakukan, terutama di 493 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia.

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/ virtual.

“Semoga kontribusi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas yang stabil, andal, merata, dan setara di sepanjang momen Hari Raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 dapat mendampingi masyarakat untuk membangun optimisme dalam membuka lembaran baru. Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan," kata Saki.

"Kami berharap dapat terus melampaui batas dalam menghadirkan beragam solusi inovatif yang akan semakin membuka lebih banyak peluang bagi seluruh masyarakat guna mengoptimalkan beragam potensi kemajuan,” tambahnya. (CB-003)