Kamis, 05 Januari 2023

Kamis, Januari 05, 2023
Prosesi peresmian Lori Inspeksi PT KAI Daop 3 Cirebon, Kamis (5/1).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Daop 3 Cirebon meresmikan Kereta Lori atau Dresin Inspeksi Terbaru di Stasiun Cirebon. Kereta Lori atau Dresin Inspeksi ini digunakan sebagai sarana khusus bagi jajaran Manajemen Daop 3 Cirebon untuk memantau langsung kondisi jalur rel dan stasiun yang tersebar di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon.

Peresmian Lori Inspeksi ini dilakukan langsung oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI, Sandry Pasambuna di Stasiun Cirebon, Kamis (5/1).

"Lori ini untuk memudahkan pemeriksaan dilapangan terutama saat ini musim hujan, jadi untuk memastikan, membersihkan kondisi di lapangan itu aman dan bisa dilalui kereta," ungkap Sandry.

Vice President Daop 3 Cirebon, Takdir Santoso menambahkan, kehadiran kereta lori inspeksi ini, bisa menjadi salah satu sarana dalam peningkatan kinerja manajemen PT KAI Daop 3 Cirebon dalam hal peningkatan keselamatan perjalanan kereta api dan pelayannya.

Lori ini akan dioperasikan untuk mengecek jalu atau rel, khususnya untuk di daerah yang rawan.

"Untuk lokasi-lokasi yang rawan sehingga bisa dideteksi lebih dini dan bisa segera ditangani, tidak menghambat perjalanan kereta api," tambahnya.

Lebih lanjut Takdir menjelaskan, Lori terbaru ini memiliki kabin petugas operator, 13 tempat duduk inspeksi langsung jalur rel, fasilitas panel listrik dan AC serta peralatan komunikasi radio.

Untuk bobotnya, Lori Inspeksi ini memiliki berat total 4 ton, berbahan bakar HSD (High Speed Diesel), dan mempunyai puncak kecepatan 45 km/jam.

“Diharapkan dengan kehadiran kereta lori / dresin inspeksi ini, bisa menjadi salah satu sarana dalam peningkatan kinerja manajemen PT KAI Daop 3 Cirebon dalam hal peningkatan keselamatan perjalanan kereta api dan pelayannya,” jelasnya. (CB-003)