Sabtu, 20 April 2019

Sabtu, April 20, 2019

Siswa SMK Pakungwati gelar pertunjukan tari dalam rangka uji kompetensi

KESAMBI (Cirebon Bribin) - Berbeda dengan uji kompetensi bagi siswa SMK jurusan tehnik maupun program keahlian lainnya, siswa SMK Pakungwati mengikuti uji kompetensi dengan menggelar sebuah pertunjukan tari sebagai syarat kelulusannya.

Pertunjukan tari ini diselenggarakan di Panggung Budaya, Komplek Taman Air Gua Sunyaragi, Kota Cirebon pada Jumat (19/4/2019) malam.

Dalam uji kompetensi ini, turut hadir Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, Plt Kepala DKOKP Kota Cirebon, Perwakilan Cabang DInas Pendidikan Wilayah X, para penguji, orang tua serta keluarga siswa dan masyarakat yang ikut menonton pertunjukan tari ini.

Dijelaskan Yovita Adriani selaku Kepala Sekolah, tahun ini ada 4 orang siswa yang tengah mengikuti uji kompetensi, semuanya adalah siswa kelas 12 yang akan menyelesaikan proses belajarnya di SMK Pakungwati.

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat didampingi Ratu nampak hadir ditengah-tengah penonton

"Tahun ini ada 4 orang siswa, seluruhnya adalah siswa kelas 12,"Katanya kepada Cirebonbribin tadi malam.

Yovita megungkapkan, dalam uji komptensi kali ini, ke empat siswanya akan mempersembahkan dua jenis tarian yakni, tarian yang sudah jadi dan tari kreasi baru.

"2 orang menari Topeng sementara 2 orang lainnya mempersembahkan Drama tari dan Sendratari,"tambahnya.

Adapun untuk penilaian dalam uji kompetensi, Yovita menuturkan keseluruhan pertunjukan mulai dari tata panggung, pencahayaan, pola lantai hingga olah gerak dan koreo akan dinilai sesuai dengan yag sudah tercantum dalam kurikulum.

Dan juga, lanjutnya lagi. Dalam pertunjukan ini, harus ditampilkan secara umum atau di depan penonton.

"Memang cukup berat, tapi kita coba siswa untuk menampilkannya secara maksimal," pungkasnya.(CB-003)