Bisnis Ikan Louhan Masih Menggiurkan - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Senin, 15 April 2019

Bisnis Ikan Louhan Masih Menggiurkan

Ikan Louhan, miliki ciri khas Jenong dan dipercaya membawa hoki. foto : ist

WERU (Cirebon Bribin) - Masih ingat dengan ikan Louhan ?. Ikan air tawar asal negara Taiwan yang memiliki ciri khas "Jenong" dan dipercaya akan membawa "hoki" bagi yang memeliharanya.

Ikan yang popularitasnya sempat bersinar di awal tahun 2000an ini, ternyata sampai sekarang masih memiliki banyak penggemar. Hal ini terlihat dari masih cukup banyaknya perlombaan atau kontes ikan Louhan.

Hal ini seperti yang dituturkan Suryadi atau biasa dipanggil Sur, warga Desa Kaliwulu Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon yang menjadi pembudidaya ikan louhan.

"Perhimpunan Pecinta Louhan Indonesia (P2LI) masih aktif mengadakan perlombaan," tuturnya kepada Cirebon Bribin.

Hal ini juga yang pada akhirnya membuat Sur, pria yang berprofesi sebagai seorang tukang kayu ini. Mau menjadi pembudidaya Louhan, selain karena dirinya memang menyukai louhan.

Berawal dari 1 aquarium dan 3 Ikan yang ia beli di Bekasi. Sekarang Sur telah memiliki 21 buah aquarium berisi 520 ekor louhan. 500 ekor yang baru menetas dan 20 ekor yang sudah besar dan siap jual. Jumlah ini belum termasuk louhan yang telah berhasil ia jual.

"Hasilnya lumayan, satu ekor anakan Louhan untuk kontes ukuran 10cm. Bisa dihargai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah," katanya.

Ikan louhan untuk kontes, dijelaskan Sur adalah yang memiliki poin dengan ciri ada jenong di kepalanya, terdapat corak mutiara di tubuh ikan, serta memiliki marking atau goresan hitam yang membentuk seperti tulisan mandarin.

Sur menambahkan, untuk setiap ikan louhan yang pernah mengikuti kontes. Biasanya akan menambah nilai jual, apa lagi bila louhan tersebut bisa menjadi juara.

"Tidak perlu juara pertama, masuk sepuluh besar saja pasti banyak yang menawar. Ya minimal Rp 5 Juta lah," tambahnya.(Didin/magang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot