Selasa, 30 April 2024

Selasa, April 30, 2024
ASTON Cirebon menanam sebanyak 111 pohon di kawasan Setu Patok, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/4).

MUNDU (CIREBON BRIBIN) - ASTON Cirebon melanjutkan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di kawasan Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/11).

Kegiatan penanaman pohon ini juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun ASTON Cirebon yang ke 11 ini dihadiri langsung General Manager ASTON Cirebon, Niken Damayanti berserta jajaran, Camat Mundu, Novi Komalasari, Kabid Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan, DLH Kabupaten Cirebon, Fifi Erneti beserta jajaran serta Ketua Yayasan Wangsakerta, Farida Mahri.

General Manager ASTON Cirebon, Niken Damayanti mengatakan, penanaman pohon ini dimaksudkan untuk mengkonservasi air di kawasan Setu Patok.


Kegiatan penanaman pohon merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-11 ASTON Cirebon.

ASTON Cirebon sebelumnya sudah berkoordinasi dengan Yayasan Wangsa Kerta dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon untuk menentukan jenis tanaman yang cocok untuk di tanam.

"Jumlahnya ada 111 pohon. Untuk jenis pohon yang ditanam yakni pohon kelor dan pohon jamblang yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air," katanya.

Tak hanya itu, kedua pohon yang ditanam tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Camat Mundu, Novi Komalasari, mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian ASTON Cirebon terhadap lingkungan, khususnya di kawasan Setu Patok, Kecamatan Mundu.

Kelestarian lingkungan Setu Patok juga menjadi bagian penting untuk memaksimalkan potensi, salah satunya potensi wisata di kawasan Setu Patok.

"Kami sangat mengapresiasi, mendukung dan berterima kasih adanya keterlibatan dunia usaha, dalam hal ini ASTON Cirebon terhadap kawasan Setu Patok," katanya.

Senada, Kabid Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan, DLH Kabupaten Cirebon, Fifi Erneti juga mengapresiasi kepedulian ASTON Cirebon dalam pelestarian lingkungan di Kabupaten Cirebon.

"Kami dari LH sangat mengapresiasi sekali. Hari ini kita bisa melakukan action untuk perbaikan lingkungan. Sekecil apapun aksi kita, akan sangat berarti. Kita selamatkan alam, alam akan selamatkan kita," pungkasnya. (CB-003)