Senin, 27 November 2023

Senin, November 27, 2023

 

Festival Bahasan dan Sastra yang diselenggarakan Komunitas Lentera Muda Kerinci (LMK).

BRIBIN NEWS - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyalurkan bantuan bagi pengembangan komunitas sastra di berbagai daerah.

Bantuan tersebut bertujuan memajukan bahasa dan sastra Indonesia dengan mendorong peran dan fungsi komunitas sastra.

Salah satu bantuan Badan Bahasa Kemendikbudristek RI yang disalurkan baru-baru ini yaitu bantuan untuk komunitas sastra yang adai kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Nilai bantuan yang diberikan Badan Bahasa Kemendikbudristek untuk komunitas sastra di Kabupaten Kerinci jumlahnya sebesar Rp136.577.000 adapun penerimanya adalah Komunitas Lentera Muda Kerinci (LMK).

Komunitas Lentera Muda Kerinci menyelenggarakan Festival Bahasa dan Sastra Kerinci mulai tanggal 24-27 November 2023 di Mahkota Suits Hotel, Kerinci. Adapun peserta yang hadir sebanyak 100 orang yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI, E. Aminudin Aziz yang diwakili Sri Haryanti mengatakan bantuan untuk komunitas sasatra diharapkan dapat berkontribusi positif bagi pengembangan sasatra di Indonesia.

“Bantuan ini semoga dapat digunakan dengan maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat dalam pelestarian sastra di Kabupaten Kerinci,” katanya, mengutip dari situs Kemendikbudristek RI pada Senin, 27 November 2023.

Pada saat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kerinci, Zainal Efendi mengajak seluruh komunitas sastra di Indonesia untuk berkolabroasi dan bekerja sama dalam memajukan sastra di tanah air.

“Kegiatan ini diharapkan jadi sarana bagi generasi muda dalam mempelajari dan memahai karakteristik sastra di daerah,” ujarnya.

Sekedar informasi, Festival Bahasa dan Sastra Kerinci  mengangkat tema “Membangkitkan Sastra Lokal Kerinci di Kancah Dunia” terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan, yaitu 1) Lomba Cipta Karya Sastra Kerinci, 2) Bengkel Sastra Muda Kerinci, 3) Aksara Incung dalam Angka, dan 4) Lentera Muda Award.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan generasi muda terhadap sastra Kerinci dan menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas dalam sastra guna membangkitkan eksistensi sastra di Kerinci. (CB-001/press realease).