Selasa, 21 Maret 2023

Selasa, Maret 21, 2023
Operasi Pasar Murah (OPM) berbagai komoditas pangan disambut antusias masyarakat.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon menggelar operasi pasar murah (OPM) di Mall UKM Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Selasa (21/3).

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati menjelaskan, OPM ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi dari TPID Kota Cirebon dan seluruh stakeholder terkait.

"Untuk mengendalikan harga-harga jelang Ramadan dan mengendalikan inflasi," katanya.

Menurut Eti, OPM ini bukan yang pertama. Beberapa hari sebelumnya dan juga bulan Februari kemarin, sudah dilaksanakan kegiatan serupa di 5 Kecamatan.

Pemerintah Kota Cirebon juga bersyukur, angka Inflasi di Kota Cirebon cukup membahagiakan dan termasuk dalam 5 besar terbaik di Jawa dan Bali.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo menjelaskan, beberapa komoditas yang dijual hari ini antara lain beras, minyak goreng, cabai merah, gula pasir, bawang, berbagai sayuran dan lainnya.

"OPM kali ini digelar bertepatan dengan momen menjelang Ramadan. Karena biasanya kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan akan meningkat," jelasnya.

OPM akan terus digelar dengan memperhatikan perkembangan situasi dan kondisi. Ada tiga hal yang biasanya menjadi pertimbangan sebelum digelar OPM.

"Pertama waktu, harus tepat saat harga-harga komoditas meningkat. Kedua lokasi, ketiga jenis komoditas apa yang sedang benar-benar dibutuhkan masyarakat," tambahnya. (CB-003)