Sabtu, Juli 24, 2021
Fasilitas vending machine SSA telah terdapat di 12 stasiun wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Memasuki era digital saat ini, dimana masyarakat Indonesia menyukai atau mencari hal yang serba efisiensi dan instant. Melihat fenomena ini, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon menjawab kebutuhan tersebut dengan melakukan pembaruan dan peningkatan pelayanan tiket Kereta Api, melalui fasilitas Vending Machine "Self Service Application" (SSA).

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Manager Humas Daop 3 Cirebon, Suprapto kepada media, Sabtu (24/7).

"Fasilitas Self Service Application (SSA) ini, adalah pengembangan dari fasilitas Check In Counter (CIC)," ungkapnya.

Dimana pada fasilitas CIC sebelumnya, mesin pelayanan ini hanya berfungsi sebagai mesin cetak boarding pass saja. Pada Vending Machine fasilitas SSA yang baru diluncurkan, mesin ini sekarang memiliki layanan fasilitas lebih lengkap, antara lain Check In Counter (CIC) untuk cetak tiket boarding pass secara mandiri, pemesanan / go show tiket KA LOKAL. Pemesanan/goshow kereta antar kota (KA jarak menengah atau jauh).

Proses Ubah Jadwal Tiket KA, pembatalan Tiket KA, nformasi Seputar Vending Machine dan fasilitas tambah tiket bagi infant.

Suprapto menjelaskan, aplikasi ini merupakan pengembangan layanan RTS 4.0 guna diperuntukan melayani para penumpang yang sudah berada atau terlanjur ke stasiun dan belum mempunyai tiket. Dalam tahap permulaan ini, bagi proses pemesanan tiket KA, pelanggan KA baru bisa memesan tiket untuk keberangkatan pada hari-H dan tempat stasiun keberangkatan harus sesuai dengan tempat proses transaksi layanan SSA.

"Selanjutnya dalam proses pemesanan atau pembelian tiket KA, nantinya calon penumpang dapat melakukan proses pembayarannya melalui E-Walet ( Link aja , Ovo , Go Pay , Dana),” Jelas Suparpto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.

Suprapto menambahkan, fasilitas vending machine SSA telah terdapat di 12 stasiun wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, diantaranya stasiun Cirebon Kejaksan, Cirebon Prujakan, Brebes, Ketanggungan, Ciledug, Losari, Babakan, Arjawinangun, Jatibarang, Terisi, Haurgeulis dan stasiun Pagaden Baru.

Diharapkan dengan adanya penambahan fasilitas layanan ini, bisa meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jasa Kereta Api dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Hal ini harus terus dilakukan dengan disiplin dan penuh kesadaran bersama, guna mencegah penyebaran Covid-19, serta mewujudkan transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar