Rabu, 03 Maret 2021

Rabu, Maret 03, 2021
Kepala KPwBI Cirebon, Bakti Artana memberikan sambutan dalam kegiatan Karya Kreatif Indonesia 2021 di Taman Air Goa Sunyaragi, Rabu (3/3).

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Bank Indonesia meluncurkan gerakan beli produk usaha kecil dan menengah (UMKM) serta berwisata di Indonesia. Gerakan ini diluncurkan melalui kegiatan karya kreatif Indonesia 2021 bertajuk "Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAJa" yang disiarakan secara virtual.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bakti Artanta mengatakan, karya kreatif Indonesia yang sekaligus sebagai gerakan nasional bangga buatan Indonesia dimana Bank Indonesia saat ini bulan Maret ini sebagai move manajernya sebagai penggerak perubahannya dan sekaligus sebagai gerakan nasional bangga pariwisata di Indonesia aja.

"Gerakan ini tidak salah dilakukan saat ini karena memang kalau kita pahami bersama di masa pandemi ini UMKM banyak terdampak UMKM pariwisata banyak merasa kehilangan untuk lapangan usaha pariwisata juga sangat berdampak," katanya, Rabu (3/3).

Salah satu produk UMKM yang dipamerkan dalam kegiatan KKI 2021

Situasi ini, lanjutnya, mungkin belum begitu terasa di Kota Cirebon namun sangat berbeda bila melihat daerah lain seperti Denpasar dan Jogja dan lainnya yang sangat berdampak. Oleh karena itulah dalam KKI tahun ini, Pemerintah menggerakkan gerakan nasional banggaa buatan Indonesia dalam bentuk support kepada UMKM apapun. Juga digerakan bangga berwisata di Indonesia aja.

"Saya selalu tekankan di Indonesia aja karena terus terang saat ini kalau kita mengharapkan wisatawan asing sangatlah tidak mungkin, semua yang diharapkan adalah wisatawan domestik untuk lokasi lokasi wisata domestik," tambahnya.

Oleh karena itu bila nanti ada kesempatan, Pemerintah daerah satu dan yang lainnya bisa bergantian bertukar kunjungan tempat-tempat wisata yang ada,untuk saling saling mengisi.

Dalam KKI tahun ini, kata Bakti lagi, 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang ada di seluruh Indonesia memberikan show case di masing - masing tempat dengan menghadirkan UMKM binaan.

Untuk di Kota Cirebon, KPwBI Cirebon menghadirkan sebanyak 20 UMKM binaan untuk memerkan produk kreatifnya secara virtul dengan mengambil lokasi di situs bersejarah Taman Air Goa Sunyaragi.

"Ada 20 UMKM, dimana 15 UMKM binaan kami dan sisanya binaan dari Pemerintah Kota Cirebon," tutupnya. (CB-003)

0 komentar:

Posting Komentar