Jumlah Penumpang di Stasiun Daop 3 Tumbuh Signifikan - CIREBON BRIBIN

BRIBIN ADVETORIAL

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Rabu, 20 November 2019

Jumlah Penumpang di Stasiun Daop 3 Tumbuh Signifikan


Penumpang kereta api di Stasiun Cirebon



KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Peningkatan kualitas layanan yang dilakukan PT KAI Daop 3 Cirebon membawa dampak positif bagi dilhat dari jumlah pengguna moda transpotasi kereta api, dalam empat tahun terakhir sejak 2015 hingga 2019, jumlah penumpang di Stasiun Daop 3 mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Demikian diungkapkan Vice President (VP) PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi dalam kegiatan Pubilc Expose Kerjasama Optimaslisai Aset Daop 3 Cirebon di The Luxton Hotel Cirebon hari ini, Rabu 20 November 2019.

"Dari 2015 hingga 2019 pertumbuhan angka penumpang yang naik mencapai 34% pertahun," ungkapnya.

Tamsil menuturkan, pada tahun 2015 tercatat penumpang yang naik di Stasiun Daop 3 Cirebon pertahun mencapai 1,72 juta penumpang atau rata-rata perharinya ada 4700 penumpang.

"Di tahun 2019, jumlahnya sudah mencapai 6400 an penumpang perhari," tuturnya.

Pertumbuhan volume penumpang yang mencapai 34% ini menurutnya merupakan angka yang sangat tinggi, bila dibandingkan dengan angka perumbuhan ekonomi yang berkisar hanya 5-6 %, pun di sektor lain yang sulit mencapai angka 10%.

Tamsil menjelaskan, stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Parujakan yang berada di wilayah Kota Cirebon menjadi penyumbang terbanyak jumlah penumpang dari 13 Stasiun yang ada di wilayah Daop 3.

"Tujuan favorit atau yang terbanyak yakni ke Jakarta, sisanya ke tujuan lain seperti Bandung, Yogyakarta atau Surabaya," jelasnya.

Tamsil menambahkan, selain peningkatan jumlah penumpang yang naik atau berangkat, jumlah penumpang yang datang ke Stasiun Daop 3 Cirebon sejak 2016 hingga 2019 juga mengalami peningkatan, bahkan lebih tinggi pertumbuhannya.

Dia menyebutkan, tren penumpang yang turun tumbuh 40% sejak 2016 hingga 2019, tercatat rata-rata ada 6000 orang perhari atau pertahunnya sebanyak 2,21 juta penumpang yang turun.

"Sebagian besar tujuannya adalah ke Kota Cirebon, ini menunjukan bahwa Kota ini memiliki magnet tersendiri bagi orang-orang untuk datang," tambahnya.

Terakhir Tamsil mengatakan, sejalan dengan target kunjungan wisata yang di tetapkan Pemerintah Daerah Kota Cirebon yakni 2 juta wisatawan pertahun, bila melihat angka penumpang yang turun di Stasiun Daop 3 Cirebon, maka target tersebut bisa tercapai.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot