Aston Cirebon Hotel, Kembangkan Kebun Sayur Hidroponik di Dalam Gedung



Manfaatkan lahan kosong dibagian atas gedungnya yang megah, Aston Cirebon Hotel kembangkan kebun sayur dengan menggunakan sistem hidroponik yang ramah lingkungan.

Hidroponik sendiri adalah cara bercocok tanam yang menggunakan air atau media non tanah sebagai tempat hidupnya. Dan tanpa menggunakan pestisida, oleh karena itulah mengapa hidroponik disebut ramah lingkungan. Di kota - kota besar, bercocok tanam dengan menggunakan hidroponik ini sudah cukup populer. Karena hidroponik merupakan sebuah solusi bagi mereka yang ingin memiliki tanaman di area lahan yang terbatas.



Dijelaskan oleh Rudi Wijayanto selaku Executive House Keeping Aston Cirebon Hotel. Kebun sayur hidroponik di Aston Cirebon yang berada di lantai 7 gedung Aston Cirebon Hotel ini sudah ada sejak tahun 2016.

"Sejak tahun 2016 kami manfaatkan area kosong di lantai 7 hotel untuk menjadi lahan hijau, sekaligus ini juga merupakan komitmen Aston Cirebon Hotel yang menerapkan konsep Hotel Hijau," jelasnya, Rabu (14/2).

Adapun jenis sayuran yang ditanam dalam kebun hidroponik milik Aston Cirebon Hotel ini cukup beragam. Mulai dari Pok Coy, Selada air, Sawi dan juga kangkung.

Aneka sayur mayur yang ditanam ini, ternyata bukan sekedar untuk menjadi area hijau semata. Namun hasilnya, juga bisa dimanfaatkan untuk dipergunakan langsung di hotel.

"Sayuran produksi kebun kami ini, dimanfaatkan juga untuk diolah. Lebih segar dan sehat karena bebas dari pestisida atau biasa dikenal dengan istilah sayuran organik. Selain itu, kebun ini bisa juga menjadi sarana edukasi atau inspirasi bagi tamu hotel yang ingin memiliki kebun sendiri dirumahnya," tambahnya.



Sementara itu, ditambahkan oleh Fajar Basuki selaku General Manager Aston Cirebon Hotel. Kebun hidroponik dilantai 7 ini nantinya akan lebih dikembangkan. Kedepan, bahkan bukan hanya sayur mayur yang ditanam disana. Namun Aston Cirebon Hotel juga akan memiliki taman apotek hidup

"Sudah kami siapkan diarea yang sama dengan kebun hidroponik, nantinya akan kami tanam aneka tanaman obat atau rempah - rempah di atas sana," pungkasnya.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM