Jumat, 22 Maret 2024

Jumat, Maret 22, 2024
Dishub Kabupaten Cirebon dan Polresta Cirebon akan fokus peningkatan patroli dan persiapan infrastruktur menjelang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

GEMPOL (CIREBON BRIBIN) - Dalam rangka menyambut arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, Polresta Cirebon dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon mengukuhkan sinergitas untuk persiapan yang matang dan efektif.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah, mengatakan bahwa upaya sinergitas ini difokuskan pada peningkatan patroli dan persiapan infrastruktur menjelang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Kondisi prasarana terkhusus di ruas Jalan Nasional telah dilaporkan kepada Menteri Perhubungan ketika hadir di Kabupaten Cirebon dan beliau langsung menghubungi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), mudah-mudahan H min 10 ada tindak lanjut untuk perbaikan," katanya, pada Kamis (21/3).

Hilman menambahkan perbaikan infrastruktur tidak hanya terbatas pada jalan raya nasional, namun juga mencakup jalan kabupaten dan provinsi dengan pemasangan 400 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di berbagai lokasi.

"Hari ini Kita mendapat bantuan 170 lampu PJU untuk di ruas jalan Kenanga - Bobos, dan akan dilakukan pemasangan dalam waktu dekat ini," tambahnya.

Selain fokus pada infrastruktur, Polresta Cirebon dan Dishub Kabupaten Cirebon juga turut mengadakan aksi sosial yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di Desa Walahar dan Desa Cupang, Kecamatan Gempol.

Dalam kesempatan tersebut, tim gabungan memberikan bantuan lampu penerangan jalan umum, yang diharapkan dapat mengurangi potensi kriminalitas dan mendukung aktivitas warga di malam hari.

Kapolresta Cirebon, Kombes Sumarni, menambahkan bahwa inisiatif kolaboratif antara Polresta dan Dishub Kabupaten Cirebon menandakan komitmen mereka dalam menjamin perjalanan mudik Lebaran yang tidak hanya lancar, tetapi juga aman dan menyenangkan bagi semua pemudik.

"Kami juga sempatkan waktu untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Cupang yaitu objek wisata Batu Lawang. Sepanjang jalan menuju objek ini luar biasa indahnya kemudian suasananya sejuk. Kita juga bisa melihat wisata batu, pemandangan yang sangat alami dan masuk ke sini biayanya sangat murah, hanya Rp10 ribu per orang. Ayo datang ke Desa Cupang terutama di objek wisata Batu Lawang. Keren," tambahnya. (CB-006)