Minggu, 20 Agustus 2023

Minggu, Agustus 20, 2023

 

Penyerahan sertifikat Rekor Dunia Indonesia penyajian docang terbanyak

CIREBON BRIBIN – Bank Indonesia Cirebon berhasil memecahkan rekor dunia untuk penyajian docang terbanyak, Minggu 20 Agustus 2023.

Pemecahan rekor dunia tersebut dilakukan pada saat penutupan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023 yang diselenggarakan di Grage City Mall Kota Cirebon.

Docang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang telah ada sejak zaman para wali (Wali Songo). Adapun jumlah docang yang disajikan oleh Bank Indonesia Cirebon dan dicatat Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebanyak 1.708 mangkuk yang dihidangkan di atas 45 mangkuk.

Hestu Wibowo selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon mengatakan pemecahan rekor MURI penyajian docang terbanyak ini bertujuan untuk mengangkat potensi kekayaan lokal dari aspek kuliner.

Dia menuturkan adapun jumlah mangkuk docang yang disajikan sebanyak 1.708 di atas 45 meja - merupakan simbol dari perayaan HUT Kemerdekaan RI (17 Agustus 1945).

“Harapannya agar docang semakin dikenal oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya terlebih para wisatawan dari luar kota,” katanya.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengapresiasi langkah yang diambil oleh Bank Indonesia Cirebon dalam mengangkat kuliner khas Cirebon yaitu docang dengan mencatatkannya di rekor MURI.

“Ternyata masih banyak masyarakat sekitar Cirebon seperti Kuningan dan Majalengka yang belum pernah makan docang,” ujarnya.

Eti juga berterima kasih kepada Bank Indonesia Cirebon yang selama ini selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam berbagai program mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

“Semoga ke depannya Pemda Kota Cirebon dan Bank Indonesia Cirebon bisa terus bersinergi,” tuturnya.

Apresiasi serupa juga dilontarkan Anggota Komisi 11 DPR RI, Syatori yang hadir di acara tersebut dan menyebut langkah yang dilakukan Bank Indonesia Cirebon mendorong masyarakat untuk lebih cinta produk kuliner lokal.

“Selain itu langkah ini juga mengedukasi masyarakat untuk menggunakan sistem pembayaran non-tunai dalam hal ini QRIS,” ujarnya di sela-sela melihat proses penyajian 1.708 mangkuk docang. (CB-001).