Jumat, Maret 31, 2023
Aksi salah satu anak berkebutuhan khusus melenggak-lenggok diatas panggung dalam peringatan hari Down Syndrome 2023 di Atrium CSB Mall, Jumat (31/3).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Sebuah kegiatan fashion show yang diperagakan oleh anak-anak down syndrome atau anak berkebutuhan khusus (ABK) digelar di atrium utama CSB Mall, Jumat (31/3).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Griya Karya Harapanku dan didukung oleh Pemda Kota Cirebon dan berbagai pihak.

Founder Yayasan Griya Karya Harapanku mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome 2023.

"Untuk memberikan ruang bagi mereka mengekspresikan diri mereka," katanya didampingi Sang Suami, Chandra Lukita.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi tahu masyarakat luas, menyatakan bahwa ABK itu dapat melakukan sesuatu sesuai dengan potensinya.


Peringatan hari Down Syndrome 2023 yang digelar Yayasan Griya Karya Harapanku Kita Cirebon berlangsung sukses dengan didukung berbagai pihak.

"Mereka itu jangan dipandang sebelah mata, karena pada saat kita mengetahui potensi yang ada pada hidup mereka maka mereka akan jauh bisa dikatakan tadi bersinar," jelasnya.

"Jadi kita ingin supaya (kegiatan ini) memiliki dampak bahwa mereka itu sebetulnya bisa loh melakukan sesuatu tapi kadang-kadang masyarakat menilainya kan ABK ya sudah, nggak bisa apa-apa. Padahal ABK-ABK yang ada di tempat kami itu kami arahkan dan mereka bisa menghasilkan sesuatu," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengapresiasi apa yang di lakukan oleh Yayasan Griya Karya Harapanku.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan pribadi menyampaikan apresiasi dan Griya Karya Harapanku atas kepedulian yang dibangun untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Kota Cirebon," katanya.

Eti juga, menyampaikan selamat dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini, melalui berbagai penampilan yang disuguhkan para ABK.

"Ini merupakan momen istimewa bagi kita semua sebagai orang tua untuk menunjukkan rasa bangga kepada khalayak umum bahwa anak-anak kita mampu menampilkan aksi spektakuler dengan bakat yang dimiliki," ujarnya.

Di sisi lain, ini juga menjadi salah satu stimulasi untuk membangun kemandirian anak-anak agar menjadi percaya diri serta dapat memahami hubungan antar manusia melalui proses latihan dan bimbingan yang telah dijalani.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini juga semakin meyakinkan dirinya bahwa setiap anak lahir dengan unik dan memiliki talenta, tidak terkecuali anak- anak luar biasa yang pada hari ini menampilkan bakat-bakat mereka.

Sementara itu, selain penampilan fashion show dari ABK binaan Yayasan Griya Karya Harapanku. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome 2023 ini juga dimeriahkan dengan penampilan nyanyian, puisi hingga tarian dari ABK.

Bukan hanya anak-anak binaan Yayasan Griya Karya Harapanku, kegiatan ini juga melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus dari SLB-SLB di Kota Cirebon. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar