Kamis, Oktober 28, 2021
Direktur RS Sumber Kasih, dr. Lucia Dewi Puspitasari, MM membuka jalan seminar dan talkshow dengan tema “Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - RS Sumber Kasih mengadakan seminar dan talkshow dengan tema “Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil” dengan narasumber Lanny P.S Kuswandi, CHt,CI yang merupakan pelopor Hypnobirthing di Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian RS Sumber Kasih dalam mendukung penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Kota Cirebon.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Direktur RS Sumber Kasih, dr. Lucia Dewi Puspitasari, MM usai Seminar yang berlangsung di Swiss-Belhotel Cirebon, Kamis (28/10).

"Peserta para bidan dari Kota Cirebon yang telah lama bermitra dengan RS Sumber Kasih," ungkapnya.

Lucia menjelaskan, peran bidan dalam persalinan sangatlah besar, maka RS Sumber Kasih mengadakan seminar dan talkshow dengan tema “Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil” agar para bidan mampu menangani ibu bersalin agar lebih tenang dalam proses persalinannya.

RS Sumber Kasih berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam bidang kesehatan terutama di area Kota Cirebon, kami bekerjasama dengan puskesmas serta para bidan di area Kota Cirebon dan senantiasa berusaha berkontribusi dalam melayani masyarakat. RS Sumber Kasih menyadari bahwa bidan merupakan garda terdepan dalam menangani kasus-kasus persalinan.

"Oleh sebab itu kami merasa perlu untuk membantu meningkatkan kompetensi mitra bidan salah satunya dengan mengadakan seminar ini," jelas Lucia.

Hypnobirthing dipilih menjadi tema seminar kali ini karena kehamilan dan persalinan adalah suatu proses yang alami namun sangatlah transformasional dalam siklus kehidupan manusia dan keluarga. Sebuah proses yang tidak akan terlupakan bagi seorang wanita yang mengalaminya. Pengalaman positif selama proses kehamilan, persalinan dan kelahiran sangatlah penting karena proses ini sangat terekam di bawah sadar seseorang yang mengalaminya. Untuk mendapatkan pengalaman yang positif memang dibutuhkan ketenangan dan kenyamanan selama hamil dan bersalin.

Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kota Cirebon, Juliantina Mulus Rahaju.

"Relaksasi Hypnobirthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan dan kedamaian pada proses persalinan sehingga dapat meminimalisir terjadinya kasus patologis saat bersalin serta fetal distress," katanya lagi.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kota Cirebon, Juliantina Mulus Rahaju mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh RS Sumber Kasih untuk meningkatkan kompetensi para bidan.

"Kami sangat berterima kasih kepada RS Sumber Kasih," katanya.

"Dengan meningkatnya kompetensi para bidan, diharapkan dapat membantu menekan angka kematian ibu dan bayi di Kota Cirebon," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar