Railfans Cirebon, Relakan Waktu Libur Untuk Membantu Penumpang KA di Stasiun - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Kamis, 02 Januari 2020

Railfans Cirebon, Relakan Waktu Libur Untuk Membantu Penumpang KA di Stasiun



Salah satu anggota Railfans Cirebon membantu menaikan penumpang ke atas kereta. Foto : Humas DAOP 3

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Komunitas pecinta KA atau "Railfans" yang kebanyakan adalah pelajar tingkat SMP dan SMA merelakan waktu liburan sekolahnya untuk menjadi relawan dengan membantu penumpang KA atau masyarakat yang hendak menggunakan kereta api atau sekedar bertanya jadwal perjalanan KA di Stasiun.

Di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon terdapat dua komunitas pecinta KA yang tersebar memberikan pelayanan di empat stasiun. Yakni Komunitas Edan Sepur di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan serta Komunitas Railfans Daop 3 (KRD3) di Stasiun Jatibarang dan Stasiun Haurgeulis.

Masing-masing komunitas pencinta KA ini memiliki anggota yang bervariasi jumlahnya, yakni di kisaran 20 hingga 50 orang dan masih berstatus pelajar. 

Manajer Humas DAOP 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon memberikan apresiasi kepada mereka.

"Mereka secara sukarela terlibat memberikan pelayanan kepada para penumpang selama masa Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020," katanya, Kamis (2/1).

Sejumlah tugas yang dikerjakan oleh para anggota railfans tersebut secara sukarela di antaranya, mengantarkan penumpang agar tak salah nomor kursi dan masuk kereta, membantu penumpang penyadang cacat, membantu membawakan tas milik penumpang, membantu penumpang yang kebingungan melakukan boarding dan check in, memberitahukan informasi jadwal keberangkatan kereta, dan masih banyak lainnya.

"Melalui kegiatan ini, saya selaku Manager Humas Daop 3 Cirebon mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari teman-teman Railfans selama masa angkutan Nataru," kata Luqman Arif.

Dengan adanya kehadiran komunitas pecinta KA di Stasiun, selain membantu juga memberikan semangat kepada para pekerja KAI lainnya.

Sementara, salah satu railfans, Syahdinar mengaku senang dengan membantu PT KAI memberikan pelayanan selama pelaksanaan posko Nataru 2019/2020 ini.

Selain bangga karena pengetahuan dan kecintaannya terhadap kereta api bisa bermanfaat bagi orang lain, melalui kegiatan posko tersebut ia bisa bersilaturahmi dengan teman-teman railfans lainnya.

"Kami melakukan ini sukarela tanpa dibayar dan kami senang membantu penumpang dengan menjadi pemandu bagi mereka yang membutuhkan informasi," ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan inisiatif dari teman-teman komunitas yang mengajukan ke PT KAI, bahwa komunitas siap membantu.

"Kebetulan juga masa posko Nataru bertepatan dengan libur sekolah,” tambahnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot