Berkunjung Ke Masjid Sang Cipta Rasa, Masjid Tertua di Cirebon - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Kamis, 16 Januari 2020

Berkunjung Ke Masjid Sang Cipta Rasa, Masjid Tertua di Cirebon

Bagian samping Masjid Sang Cipta Rasa

KASEPUHAN—Masjid Sang Cipta Rasa yang berlokasi di Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon merupakan salah satu masjid tertua di Cirebon yang dibangun oleh Wali Songo.
Hal itu dikatakan Juru Kunci Masjid Sang Cipta Rasa, Ahmad Junaidi ketika ditemui tim cirebonbribin.com belum lama ini. Junaidi menyebutkan arsitek Masjid Sang Cipta Rasa adalah Sunan Kalijaga yang dibuat pada tahun 1480.
Salah satu keunikan Masjid Sang Cipta Rasa yaitu memiliki 99 saka (tiang) yang memiliki filosofi seperti jumlah Asmaul Husna yang berjumlah 99 nama. “Selain itu di area Masjid Sang Cipta Rasa terdapat sumur tua yang airnya tidak pernah surut,” katanya.
Junaidi menuturkan sumur tua yang terletak di bagian teras Masjid Sang Cipta Rasa oleh sebagian masyarakat Cirebon disebut dengan istilah zam-zamnya Cirebon karena tidak pernah kering meskipun kemarau panjang.

“Ada juga yang percaya bahwa air dari sumur yang ada di Masjid Sang Cipta Rasa mengandung berkah bagi yang memakainya,” tuturnya. (Ulfi Fadilah/Magang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot