12 Tahun, Usia Ideal Bagi Anak Miliki Gadget Pribadi - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Sabtu, 27 April 2019

12 Tahun, Usia Ideal Bagi Anak Miliki Gadget Pribadi

Sisternet dan Belantara Budaya Indonesia gelar Kelas Literasi Digital bertajuk "Kapan Anak Boleh Punya Gadget Sendiri?"

KEJAKSAN (Cirebon Bribin) -  Founder & trainer socio lerning Shanti Maya mengatakan, usia 12 tahun keatas merupakan usia yang dirasa paling ideal bagi orang tua untuk memberikan gadget kepada anaknya.


"12-21 tahun, anak sudah mulai menginjak remaja menuju dewasa dan memiliki pemikiran mandiri, serta tahu mana yang baik atau buruk, rentang usia ini paling baik bagi anak untuk memiliki gadget sendiri," terangnya usai mengisi talkshow bertajuk 'Kapan Anak Boleh Punya Gadget Sendiri?' dalam kelas literasi  digital persembahan Sisternet dan Belantara Budaya Indonesia di Grage Mall, Sabtu (27/4/2019).


Namun Shanty mengatakan, sayangnya di negara kita kebanyakan orang tua sudah memberikan atau membiarkan anak dibawah usia 12 tahun memiliki gadget sendiri.


Padahal, bila merujuk pada tingkat perkembangan anak dibawah usia tersebut sebaiknya belum boleh memegang gadget sendiri, karena di usia 0-6 tahun biasanya anak masih dalam tahap perkembangan ketrampilan fisik, bahasa dan memulai tahu mana yang baik dan buruk, serta di usia 6-12 tahun anak mulai mengenal bersosialisai, medalami pemahaman baik dan buruk.


"Bukan berarti tidak boleh memegang gadget, namun disini perlu dibatasi waktunya dan didampingi oleh orang tua,"jelasnya.


Sementara itu Diah Kusumawardani Wijayanti selaku Founder Yayasan Belantara Budaya Indonesia (BBI) menambahkan, gadget memiliki dua dampak, positif dan negatif bagi tumbuh kembang anak, karena itu orang tua juga harus menambah wawasan tentang gadget agar bisa memanfaatkan dampak positifnya dan meminimalisir dampak negatifnya.


"Disinilah peran orang tua dibutuhkan, kita harus bijak tentang gadget dan penggunaanya bagi tumbuh kembang anak," pungkasnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot