Sabtu, 01 Juni 2024

Sabtu, Juni 01, 2024
Seru, pengunjung river tubing Desa Kubang Kabupaten Cirebon diajak menyusuri sungai Cipager sepanjang 350 meter dengan ban.

TALUN (CIREBON BRIBIN) - Wisata river tubing Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon menawarkan sensasi menyusuri aliran sungai Cipager menggunakan ban karet yang tak kalah seru dari arung jeram.

Pengunjung river tubing Desa Kubang akan diajak melintasi jeram di sungai yang penuh bebatuan dengan pemandangan hijau di kiri dan kanan.

Tak perlu khawatir hanyut, pengunjung river tubing Desa Kubang akan dilengkapi alat keselamatan berupa pelampung dan helm. Petugas juga akan berjaga di sepanjang lintasan atau sungai yang akan dilalui pengunjung.

Kuwu Desa Kubang, Wawan Karyawan mengatakan, dibukanya wisata river tubing ini dilatarbelakangi dari adanya potensi Sungai Cipager yang bisa memberikan nilai lebih untuk masyarakat.

Wisata river tubing Desa Kubang ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun sempat terhenti dan sekarang mulai kembali diperkenalkan kepada masyarakat luas di bawah pengelolaan BUMDes.

"Potensi Sungai Cipager cocok untuk river tubing, sehingga kita gali dengan harapan kedepannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya, Sabtu (1/6).

Ia menjelaskan, river tubing Desa Kubang ini tidak hanya menawarkan sensasi bermain air menyusuri Sungai Cipager.

Sebelum turun ke sungai, pengunjung akan diajak berjalan kaki menyusuri jembatan gantung dan trek tanah.

"Panjangnya 350 meter, untuk durasinya kurang lebih sekitar 30 menit sekali bermain," jelasnya.

Wawan menuturkan, river tubing Desa Kubang sementara ini akan beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu.

"Adapun tiketnya, rencananya Rp30 ribu per orang," tuturnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya juga telah memiliki rencana pengembangan dari wisata river tubing ini.

"Harapan kami bukan hanya river tubing saja, kolam renang juga akan Kami bikin, camping ground juga akan Kami bikin, flying fox dan permainan-permainan lain. Insya Allah kalau misalkan sudah berjalan dengan baik akan dibikinkan home stay," tambahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya juga telah beberapa kali melakukan study banding ke daerah lain dan aktif menjalin komunikasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon terkait pengembangan wisata di Desa Kubang ini. (CB-003)