Selasa, 11 Juni 2024

Selasa, Juni 11, 2024
Kepala OJK Cirebon, Agus Muntholib menyampaikan, program Desa EKI merupakan bagian dari upaya OJK Cirebon untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan secara berkelanjutan.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon bersama dengan stakeholder yang tergabung di Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kuningan menginisiasi program Desa Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Karangtawang, Kabupaten Kuningan. Program Desa EKI sendiri sebelumnya telah sukses dijalankan di Desa Kaduela, Kabupaten Kuningan.

Kepala OJK Cirebon, Agus Muntholib, mengatakan, program Desa EKI yang akan dijalankan adalah menekankan pada edukasi, pendampingan kepada pelaku UMKM, serta perluasan akses pendanaan melalui KUR, K/PMR, SimPel, pembukaan Agen Laku Pandai, serta perluasan akses keuangan digital.

"Kesuksesan program Desa EKI yang telah dijalankan di Desa Kaduela, Kabupaten Kuningan berdampak pada perluasan akses keuangan melalui Agen Laku Pandai Bumdes Arya Kamuning, pencegahan penggunaan akses keuangan ilegal oleh masyarakat seperti rentenir, pinjol ilegal, dan investasi ilegal, serta tidak adanya praktik pungutan liar di objek wisata Talaga Biru Cicerem dan Sideland di Desa Kaduela, Kabupaten Kuningan," katanya.

Program Desa EKI di Desa Karangtawang, lanjut Eki. Diharapkan dapat berdampak dan berkontribusi positif bagi masyarakat terutama.

"Dalam hal pengelolaan keuangan, perluasan kesempatan dalam mendapatkan akses pendanaan formal, penggunaan layanan keuangan digital, dan peningkatan output produksi unggulan UMKM serta peningkatan output sektor ekonomi kreatif seperti kesenian Angklung Etnik," ujarnya.

Agus menambahkan, OJK Cirebon terus berkomitmen untuk senantiasa menjalin sinergi, kolaborasi, komunikasi, dan kerja sama dengan stakeholders utama termasuk dengan media yang menjadi pilar penyebaran informasi kepada masyarakat Ciayumajakuning.

"Dalam rangka mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Ciayumajakuning diantaranya melalui pemanfaatan produk dan layanan jasa keuangan yang bijak dan bertanggung jawab," tambahnya. (CB-003)