Senin, 08 April 2024

Senin, April 08, 2024

 


CIREBON BRIBIN - Trailer film Ajian Kemat Jaran Guyang yang diangkat berdasarkan legenda Jawa Barat Baridin - Suratminah telah dirilis pada Minggu, 7 April 2024.

Film yang diproduksi Prokompim Kabupaten Cirebon ini menampilan pula Bupati Cirebon Imron maupun Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih atau akrab disapa Bunda Ayu.

Sosok karakter Baridin - Suratminah sendiri dikenal sebagai drama tarling Putra Sangkala Cirebon.

Trailer film yang diproduseri Faisal Amir yang juga Kepala Bagian Prokompim Kabupaten Cirebon ini dapat disaksikan melalui channel YouTube Prokompim Kab. Cirebon.

Sinopsis Film Ajian Kemat Jaran Guyang

Pada cerita film, Baridin merupakan anak laki-laki dari pasangan Miskad dan Wangsih. Sayang, Miskad meninggal dunia ketika Baridin masih dalam kandung sang ibu yang diakrabi dengan sapaan Mbok Wangsih.

Kondisi ekonomi keluarga yang sulit memaksa Baridin harus membantu Mbok Wangsih bekerja. Pendidikannya putus saat Baridin seharusnya melanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Baridin memiliki seorang sahabat yang sama-sama putus sekolah, Gemblung. Kini, di saat keduanya beranjak dewasa, Baridin dihadapkan pada kisah asmaranya. Baridin jatuh cinta pada Suratminah, gadis desa setempat nan cantik.

Namun, kehidupan Suratminah berbanding terbalik dengan Baridin. Gadis itu merupakan anak dari seorang juragan kaya di kampungnya, Bapak Dam. Sedari kecil, Baridin selalu berusaha mencuri pandang Suratminah pada setiap kesempatan.

Ketika kembali bersua dengan Suratminah yang telah menyelesaikan pendidikan sarjananya di kota besar, api asmara Baridin kembali bergelora. Tak bisa menahan rasa cintanya, Baridin kemudian meminta Mbok Wangsih untuk melamarkan Suratminah bagi dirinya.

Namun, perbedaan kelas sosial menjadi aral bagi Baridin untuk mempersunting Suratminah. Cinta Baridin pun rupanya bertolak sebelah tangan sebab Suratminah menilai tinggi terhadap dirinya sendiri.

Baridini dipandang Suratminah tak pantas bagi dirinya. Bapak Dam menolak lamaran Mbok Wangsih, bahkan beroleh perlakuan tak menyenangkan dari Suratminah. Mengetahui hal itu, Baridin pun marah dan menaruh dendam pada Suratminah.

Dengan maksud menolong sahabatnya, Gemblung pun lantas menyerahkan kertas bertuliskan ajian atau mantra pusaka yang disebut ampuh dari almarhum sang ayah. Mantra itulah yang disebut Ajian Kemat Jaran Guyang yang sejatinya harus digunakan Baridin untuk meluluhkan hati Suratminah.

Bagaiman kelanjutan usaha Baridin terhadap Suratminah?

Film yang ditulisa dan disutradarai Mulyo HR ini dijadwalkan tayang di bioskop pada Mei 2024. (CB-001).