Jumat, 23 Februari 2024

Jumat, Februari 23, 2024
Polresta Cirebon dan DKPP Kabupaten Cirebon monitoring harga bapokting di sejumlah pasar tradisional, Jumat (23/2).

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Menjelang bulan Ramadhan, Polresta Cirebon monitoring harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting) di pasar tradisional Sumber dan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni mengatakan, monitoring Ini dilakukan bersama Dinas terkait, dalam rangka pengecekan harga sembako di pasaran.

"Beras masih di harga Rp14.000 sampai dengan Rp16.500 perkilogramnya," katanya.

Sumarni menambahkan, pengecekan lainnya yaitu harga daging sapi Rp130.000 - Rp140.000 perkilogramnya, kemudian ayam potong di harga ada Rp30.000 - Rp32.000 perkilogramnya.

"Kemudian telur ayam masih di harga Rp28.000 - Rp30.000 perkilogramnya," tambahnya.

Sumarni menjelaskan bahwa harga tersebut masih relatif stabil dan stoknya aman, namun saat ini cabai harganya masih mahal.

"Harga cabai merah beauty Rp100.000 perkilogram nya, dan cabai merah biasa Rp80.000 perkilogramnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana menyampaikan, dalam hal ini pemerintah daerah tentunya berterima kasih kepada Kapolresta Cirebon, yang sangat peduli terhadap stabilisasi harga bahan pokok yang ada di beberapa pasar di Kabupaten Cirebon.

"Memang situasi sekarang terutama beras ini membutuhkan ya sinergitas kolaborasi berbagai pihak bukan hanya pemerintah daerah namun juga dengan unsur TNI-Polri terutama dengan pihak Bulog untuk memastikan bahwa pasokan beras aman," katanya.

Ia melanjutkan, sebetulnya yang dapat mengakibatkan inflasi, salah satunya cabai dan bawang.

Untuk mensiasatinya masyarakat dapat menanam sendiri, seperti di media polybag. Pihaknya berharap hal tersebut dapat menjadi gerakan masyarakat.

"Oleh karena itu, mengimbau para camat menggerakkan PKK dan desa untuk menanam cabai," ucapnya.

Imas salah satu pedagang bahan pokok di Pasar Palimanan, membenarkan harga cabai merah naik, kenaikan tersebut dari awal bulan Februari secara bertahap.

"Naik secara bertahap, tapi tidak tau penyebab kenaikannya," ungkapnya.

"Kalau cabai rawit biasa masih di harga Rp35.000 perkilogram nya, dan harga bawang merah di harga Rp30.000 perkilogramnya," lanjutnya. (CB-006)