Minggu, 07 Januari 2024

Minggu, Januari 07, 2024

 

Kuwu Desa Kalianyar, Abdul Nasir S. Sos (kopiah hitam) saat mendampingi Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE, M. Si

CIREBON BRIBIN – Kuwu Kalianyar Kec. Panguragan Kab. Cirebon, Jawa Barat, Abdul Nasir S. Sos menunaikan janjianya (nadzar) yaitu menggelar event mancing bareng setelah dirinya resmi dilantik menjadi kuwu desa tersebut.

Sebelumnya, Abdul Nasir dilantik menjadi Kuwu Desa Kalianyar pada 30 Desember 2023 lalu, pada saat diwawancari awak media, kuwu lulusan Prodi Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon itu mengatakan akan mendorong sektor pertanian dan perikanan di desanya.

Langkah awal dalam mendorong produksi sektor pertanian – perikanan dan menjadikan kedua bidang tersebut sebagai branding Desa Kalianyar yaitu dengan gelaran event mancing bareng.

Selang beberapa hari setelah pelantikan, event mancing bareng di Desa Kalianyar Kec. Panguragan Kabupaten Cirebon digelar, tepatnya pada hari Minggu 07 Januari 2024 yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE, M. Si, Camat Panguragan, Kapolsek Panguragan, Camat Panguragan dan sejumlah kuwu di wilayah tersebut.

Nasir mengatakan event mancing bareng bertujuan untuk menyatukan kembali seluruh lapisan masyarakat Desa Kalianyar setelah melewati momentum pemilihan kuwu (Pilwu).

“Setelah melewati pesta demokrasi (Pilwu) mungkin ada beda pilihan, namun sekarang waktunya bersatu kembali demi kemajuan dan pembangunan desa,” katanya.

Selain itu, kata Nasir melalui event mancing bareng ini sebagai sarana untuk mengenalkan potensi desa di sektor perikanan sehingga menjadi branding bagi Desa Kalianyar.

“Kami ingin kenalkan budidaya perikanan kepada masyarakat agar bisa menjadi mata pencaharian utama yang prospektif,” tuturnya.

Nasir yang memilki basic di sektor perikanan pun menilai jika ditekuni dengan baik maka hasil dari budidaya ikan tidak kalah dengan profesi lainnya seperti menjadi karyawan atau buruh pabrik.

“Hasil dari produksi atau budidaya ikan bisa lebih dari hasil profesi lain atau bahkan dari UMR Jakarta,” ujarnya.

Nasir menambahkan untuk event mancing bareng pihaknya melepaskan 1 ton ikan yang terdiri dari 9 kwintal lele dan 1 kwintal lainnya berbagai jenis ikan di Irigasi Winong Desa Kalianyar.

“Kami senang karena pada event kali ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat Desa Kalianyar,” pungkasnya (CB-001).